Dinkes Optimis Germas 2018 Tercapai 100 Persen

TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan menargetkan program Open Defecation Free (ODF) / Stop Buang air besar sembarangan dan Program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di tahun 2018 bisa tercapai 100 pesen, Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Farida Aryani saat dikonfirmasi oleh translampung.com (Group Trans Lampung), Kamis (15/2).

“Target utama 2018 masyarakat Waykanan harus  bebas dari kebiasaan buang air besar sembarangan sesuai dengan program Bupati yaitu program ODF dan masyarakat juga harus sudah didatangi atau dikunjungi oleh petugas kesehatan sesuai dengan program PIS-PK, sehingga program utama ODF dan PIS-PK ini bisa tercapai 100 persen,” kata Farida.

Farida menuturkan, untuk saat ini program itu sudah berjalan di Kabupaten Waykanan namun belum 100 persen, khusus untuk program PIS-PK saat ini sudah berjalan di 11 Puskesmas yang ada diWaykanan, Namun dari hasil laporan sementara hanya Puskesmas Kecamatan Waytuba yang telah mencapai 100 persen dalam menjalankan program PIS-PK sedangkan sisanya belum tercapai karena adanya beberapa kendala.

“Program itu sudah berjalan semua tapi belum 100 persen, khusus untuk program PIS-PK sekarang sudah berjalan di 11 Puskesmas tapi belum 100 persen terlaksana karena masih ada beberapa kendala. Baru Puskesmas Waytuba yang 100 persen jadi mudah mudahan tahun ini bisa terlaksana semua,” tuturnya.

Di ketahui sebelumnya bahwa program ODF (Stop buang air besar sembarangan) merupakan program utama Bupati Waykanan dibidang kesehatan sedangkan Program PIS-PK merupakan program kementerian kesehatan pusat yang menegaskan supaya Puskesmas tidak hanya diam melainkan harus proaktif melakukan pendekatan terhadap keluarga. (mig/yhs/hkw)

News Reporter