. . .

Dinkes Lamsel Siapkan 34000 Vaksin Campak

image_print

TRANALAMPUNG.COM, KALIANDA – Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan menyiapkan sebanyak 34000 ribu Vaksin untuk kegiatan Imunisasi Campak dan Measeles Rumbella (MR), yang akan digelar pada bulan Agustus-September 2018 mendatang secara serentak.

“Imunisasi Campak dan MR  tersebut, dilakukan dua tahap. Untuk 1 Agustus diberikan imunisasi campak untuk usia 5-15 tahun. Kemudian dibulan September diberikan imunisasi untuk usia anak bayi 9 bulan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lamsel, Jimmy Bagashutapea ditemui usai pembukaan sosilisasi yang berlangsung di Aula Rajabasa, Senin (16/7).

Selain Vaksin, dijelaskan Jimmy, pihaknya juga akan menyiapakan 25000 Pos Imunisasi, Tenaga medis 765 orang dan Kader Posyandu 5250 orang yang tersebar diwilayah kabupaten lamsel.

“Tujuan dan sasaran Imunisasi campak diberikan ini, untuk melakukan pencegahan terhadap bahaya penyakit campak. Sehingga penyakit campak dapat terhindar, serta penyakit tersebut tidak masuk dalam kategori Kejadian Luar Biasa (KLB). Bahanya penyakit campak ini luar biasa, karena bisa menular secara cepat kesemua orang,” jelas dia.

Oleh karena itu, pemberantasan penyakit campak melalui imunisasi yang akan diberikan secara serentak, diharapkan mampu menurunkan angka 95 persen kematian anak bayi yang disebabkan campak.

“Untuk itu, peran serta baik itu SKPD dan masyarakat sangat diperlukan. Mengingat penyakit campak ini, cukup berbahaya bagi kesehatan,” tandasnya. (jhn/hkw)

error: Content is protected !!