. . .

Dinas PUPR Pesawaran Ambil Tindakan ,Terkait Luapan Air di Jalan Ahmad Yani Dusun II Desa Bernung

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR ) Kabupaten Pesawaran melaksanakan tindakan cepat dalam penaganan  banjir yang kerap terjadi di Jalan A.Yani tepatnya di Dusun II Desa Bernung, Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Setempat.

Menurut kepala Dinas PUPR Pesawaran Zainal Fikri dengan adanya masalah tersebut, pihaknya langsung terjun kelokasi bersama seluruh kabid untuk melakukan Penanganan sementara dengan menurunkan alat berat untuk menormalisasi kondisi saluran drainase yang ada lokasi yang kerap banjir.

“Kita turun ke sini setelah mendapatkan informasi dari pemberitaan dan perintah sekda dan bupati terkait banjir yang terjadi di jalan A.Yani Dusun II Desa Bernung yang berdekatan dengan perumahan kampoeng siger artinya kedatangan kami kesini untuk melakukan identifikasi permsalahan yang terjadi akibat banjir ini,” kata Zainal Fikri, Jumat (26/1/2019).

Zainal Fikri menjelaskan dari hasil peninjauan dan identifikasi yang dilakukannya tersebut, pihaknya menyebutkan sudah terpetakan apa yang menyebakan banjir tersebut.

“Penyebab terjadinya banjir saat ini salah satunya karena adanya pembangunan  perumahan di lokasi ini. Selain itu juga ada penyempitan mulut gorong-gorong sehingga salauran air terlalu kecil,”ucapnya.

Selain itu juga lanjut Fikri terlihat dimensi dari cukup besar namun dimulut gorong gorong jembatan di loksai ini  terlalu kecil sehingga hal ini menjadi  penghambat air untuk mengalir.

“Nah faktor yang lainya kenapa hal ini terjadi akibat  dibawah gorong gorong ini ada kolam yang aliran sungainya dibendung sehingga sendimen ini tidak  lancar mengalir larna tertahan, akibat adanya bendungan tesebut sehingga air yang ada tertahan dan meluap sehingga menyebabkan banjir ,” jelasnya.

Untuk lebih lanjutnya dari hasil penangan sementara yang dilakukan oleh  pihak Dinas PUPR Fikri mengatakan bahwa hal ini akan di laporkan ke Pemkab Pesawaran dan mengambil tindakan yang lebih lanjut lagi.

“Jadi penangan yang kami lakukan saat ini hanya sebatas penanggulangannya saja dan dari hasil ini akan kami bahas dilevel pimpinan karena ini menyangkut jalan nasional juga, mana yang ranah mereka dan yang mana ranah kita pihak pemkab tebtunya dalah pembahansan ini akan melibatkan  pihak pengembang perumahan Siger Grup,”jelasnya.

Dan dirinya juga mengatalan bahwa pihak perumahan Siger Grup dalam hal ini  juga sudah memberikan kepedulian dengan membantu untuk penanganan sementara dengan menurunkan alat berat untuk menormalisasi kondisi saluran drainase yang ada.

“Yang jelas pada hari Senin ini kita akan coba koordinasi bersama-sama dengan pihak -pihak terkait termasuk dengan pihak  pengembang perumahan ini supaya apa yang akan dilakukan nanti bisa  menyelesaikan permasalahan ini secara menyeluruh,”tegasnya.

Diketahui banjir yang kerap terjadi disaat musim penghujan di jalan A.Yani Dusun II Desa Bernung Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran tepatnya depan Perumahan Kampoeng Siger sehingga banyak pengguna jalan yang mengeluh setiap turun hujan yang mengakibatkan tergenangnya jalan akibat air yang meluap dari saluran drainase di sekitaran pembangunan perumahan tersebut. (ydn)

error: Content is protected !!