Dinas Perikanan Tuba Panen Udang Vannamei

0
319
views

TRANSLAMPUNG.COM, MENGGALA-Dinas Perikanan Kabupaten Tulang Bawang Panen Udang Budidaya Percontohan Udang Vannamei di Kampung Way Dente, Kecamatan Dente Teladas, Tuba.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulang Bawang M. Puncak Setiawan mengatakan, panen udang yang dilakukan merupakan mengembangkan percontohan budidaya udang vannamei melalui program demontrasi farm (demfarm) yang digulirkan pemerintah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Tulang Bawang.

Dalam upaya untuk meningkatkan jumlah produksi perikanan dan melakukan sosialisasi informasi teknologi budidaya anjuran dan Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), maka langkah yang paling efektif adalah dengan melakukan kegiatan diseminasi melalui pembuatan demfarm pembudidayaan ikan.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi tontonan, tuntunan dan teladan bagi para pembudidaya dalam melakukan pengembangan usaha perikanan budidaya. Kabupaten Tulang Bawang melalui Dinas Perikanan, pada tahun 2016 mendapatkan bantuan demfarm budidaya udang dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang berlokasi tambak kelompok budidaya ikan Mandiri Sejahtera di kampung Way Dente Kecamatan Dente Teladas,” ujarnya.

Puncak melanjutkan, bantuan tersebut yakni, untuk total luas lahan budidaya udang seluas 0,5 hektar kemudian setelah waktu pemeliharaan selama kurang lebih 78 hari, pada saat panen ini dihasilkan jumlah produksi udang sebesar 1,5 ton.

”Selain budidaya percontohan udang Vannamei kita juga melakukan kegiatan pembinaan pembudidaya ikan gabus, serta monitoring perbaikan tambak Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di wilayah Minapolitan, Way Dente-Dente Makmur, Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulang Bawang. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bermanfaat bagi para petambak serta dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kampung Way Dente, Kecamatan Dente Teladas khususnya dan umumnya bagi masyarakat Tulang Bawang,” tambahnya.(als)