Dinas Pengairan Pasang 500 Banner Himbauan Bupati

0
250
views

 

TRANSLAMPUNG.COM, GUNUNGSUGIH – Ratusan banner himbauan Bupati Lamteng Dr. Ir. Mustafa terkait saluran irigasi agar tetap terjaga dan berfungsi dengan baik bakal dipasang di sejumlah titik pada saluran irigasi di Lamteng. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pengairan dan Tata Ruang Lamteng Ir. Haris Fadilah, M.M. kepada Radar Lamteng, Kamis (6/7).

Himbauan Bupati Mustafa disampaikan melalui Dinas Pengairan dan Tata Ruang Lamteng. Rencananya, pekan depan banner himbauan telah selesai dibuat dan segera dipasang.

Haris Fadilah menyesalkan masih ada perilaku oknum yang membuang sampah di saluran irigasi. Karena irigasi merupakan sarana sangat penting yang berfungsi untuk mengaliri lahan sawah petani. Jika saluran irigasi terganggu karena sampah maka akan berpengaruh pada produktivitas pertanian, khususnya tanaman padi.

Oleh sebab itu, masyarakat dihimbau agar tidak tidak lagi membuang sampah pada saluran irigasi. “Beberapa langkah sudah kami siapkan. Salah satu langkah yang dilakukan yakni dengan memasang banner himbauan Bupati Lamteng pada sejumlah tempat. Diharapkan kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan saluran air irigasi meningkat. Sehingga, tidak ada lagi kejadian membuang sampah pada saluran irigasi,” ujar Haris.

Banner himbauan, menurut Haris, dibuat dalam jumlah cukup banyak, yakni mencapai 500 buah. Materi tulisan banner himbauan dibuat beragam, seperti tidak membuang sampah pada saluran irigasi. Konsep pemasangan banner himbauan ini dianggap cukup efektif sebagai media penyuluhan kepada masyarakat.

Sementara mengenai lokasi pemasangan banner, kata Haris, masih akan melihat lebih dulu titik-titik yang berpotensi untuk dipasang. “Berpotensi di sini dalam arti kata, melihat daerah atau titik-titik rawan yang berdekatan dengan irigasi. Seperti lokasi irigasi yang berdekatan dengan pasar,” tukasnya.

Mengenai sampah yang dibuang sembarangan oleh oknum di saluran irigasi, masih menurut Haris, Dinas Pengairan dan Tata Ruang Lamteng hanya menjadi korban. Namun demikian, Haris mengaku akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menyelesaikan persoalan sampah yang menumpuk di saluran irigasi. (tnn)