. . .

Dinas Koprasi dan UMK Pesawaran Giat Berikan Pelatihan Kepada UMKM 

image_print

Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Rohana Sri Hartati meninjau langsung proses pelatihan kelompok UMKM di Kecamatan Padangcermin tentang pengolahan makananan dengan menggunakan bahan baku ikan.

 

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pesawaran memberikan bantuan peralatan dan pelatihan kepada kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Desa Durian Kecamatan Padang Cermin, Selasa (18/9/18).

Selain memberikan bantuan kepada kelompok UMKM di kecamatan tersebut pihak Dinas koprasi dan UKM Kabupaten Pesawaran juga memberikan pelatihan tentang pengolahan makanan dengan menggunakan bahan baku ikan,yang langsung dihadiri  oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Rohana Sri Hartati, didamping Kabid UKM Aznan, Kepala Desa Durian Fauzi, kelompok UMKM dan masyarakat setempat.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Rohana Sri Hartati menyampaikan, pelaksanaan kegiatan pelatihan bagi kelompok UMKM diwilayah setempat untuk lebih mengembangkan produk-produk unggulan yang ada agar dapat lebih memiliki kualitas yang baik sehingga mampu bersaing dipasaran.

“Harapan kami, dengan adanya pelatihan ini dapat lebih meningkatkan kualitas dan hasil produksi. Selain itu, dengan adanya bantuan peralatan juga dapat lebih meningkatkan kualitas produksi sehingga dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan dan ekonomi keluarga,” ucapnya.

Dikatakan, jika hasil produksi sudah bagus, maka hasil produksi unggulan dari setiap wilayah akan dipamerkan dalam berbagai ajang pameran dalam rangka mempromosikan dan mengangkat produk-produk unggulan yang memiliki kualitas baik.

“Tugas kami adalah mengangkat potensi yang ada disetiap kecamatan. Dan, dalam kegiatan pelatihan saat ini adalah memanfaatkan bahan baku ikan yang banyak diwilayah pesisir yang akan diolah menjadi makanan sehingga memiliki daya jual yang lebih tinggi dari harga ikan,” ungkapnya.

Sementara, imbuhnya, untuk totur (pelatih,red) pengolahan ikan tersebut didatangkan dari Kabupaten Lampung Selatan yang telah memiliki hasil produksi dengan kualitas baik dan laku dipasaran.

“Untuk tutor pengolahan ikan ini kami datangkan dari Lampung Selatan yang memang ahli dibidangnya. Beliau memiliki produk dan kualitas lebih baik, untuk itu tolong pelatihan ini ilmunya ditangkap dan dapat diteruskan apa yang telah diperoleh kepada masyarakat sekitar,” ucapnya.

Selain itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Rohana Sri Hartati juga berharap agar produk-produk unggulan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Pesawaran dapat terus tumbuh dan berkembang.

“Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kualitas produksi sehingga dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan dan ekonomi keluarga,” pungkasnya. (*/ydn)