Diklat Prajabatan CASN Libatkan Ombudsman

Peran Aktif dalam Ciptakan Pelayanan Prima

TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNG SELATAN – Asisten Ombudsman R.I perwakilan Provinsi Lampung Atika Mutiara Oktakevina, Tegar Adiwijaya dan Shintya Gugah menjadi narasumber pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Diklat Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (7/3).

Asisten Atika, Tegar dan Shintya memberikan materi tentang Pola Pikir ASN dalam memberikan Pelayanan Publik berkualitas kepada masyarakat.

Peserta merupakan CPNS PTT Kesehatan dan THL-TB Penyuluhan Pertanian Angkatan I, II dan III Kabupaten Tanggamus yang dibagi menjadi 3 kelas yang masing-masing berisikan 38-40 peserta/kelas.

Beberapa hal menarik dalam pelatihan tersebut diungkapkan oleh peserta, misalnya para CPNS yang terbiasa dengan medan yang sulit dalam menjalankan tugas. Beberapa bahkan taruhannya nyawa, misal saat bidan desa harus menuju lokasi yang sulit ditempuh, dalam keadaan longsor, tidak ada kendaraan, jarak yang jauh dan jalanan rusak.

Asisten Ombudsman yang di wakili Atika mengungkapkan, pihaknya berharap agar para peserta khususnya tenaga kesehatan Kabupaten tanggamus tetap sigap dan tegar dalam menjalani tugas, serta tetap menjungjung tinggi profesionalitas sebagaimana diataur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tetang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Di akhir sesi, digelar diskusi dengan para peserta. Dia mengatakan, bahwa  peserta nampak antusias ingin memahami Ombudsman lebih dalam, pelayanan publik yang prima, serta pola pemikiran ASN dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

Atika menambahkan bahwa CPNS yang mengikuti diklat tersebut ada yang sudah bekerja hingga 10 tahun.

“Karena mereka rata-rata udah tugas lumayan lama. Bahkan ada yang udah 10 tahun,” ungkapnya. (*/hkw)

News Reporter