Diduga Tidak Miliki IPAL, DPRD dan DLH akan Cek Lokasi

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Keberadaan Resto Pizza Hut di jalan Pangeran Antasari diduga tidak memiliki Instalasi Pengendalian Air Limbah (IPAL) sehingga mengakibatakan pencemaran lingkungan sekitar.

Dugaan pencemaran lingkungan ini diungkapkan oleh warga Kedamaian, Sukarame Jalan Pangeran Antasari mengeluhkan akan bau busuk menyengat di sekitaran resto Pizza Hut. Apa lagi jika hujan turun.

Menurut salah seorang warga sekitar bahwa di lokasi resto Pizza Hut menimbulakan bau yang sangat menyengat apalagi waktu turun hujan.

“Ya,sangat bau, apalagi kalau sore hari pasti sangat bau, kami menduga itu asalnya dari arah restoran Pizza Hut, yang di samping POM bensin itu, mungkin itu karena limbah makanan yang di buang sembarangan,” kata warga yang namanya agar tidak di sebutkan, Selalsa (27/2).

Dirinya menjelaskan bukan hanya itu, bau busuk juga sangat tercium lagi jika hujan turun baunya bertambah.

“Dari Pom bensin itu saja kecium, itu dari depan apalagi kalau di belakang, sangat bau, dan harapkan kita dengan adanya masalah ini pihak terkait bisa membantu warga sekitar Pizza Hut,” keluhnya.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Kota Bandarlampung, Wahyu Lesmono menjelaskan, untuk bau busuk yang menyengat yang diduga akibat limbah Pizza Hut, pihaknya akan turun lapangan mengecek kebenarannya.

“Memang sih kalau kita ke POM bensin itu baunya juga sangat nenyengat, saya juga menduga karena limbah PH itu. Saya juga merasakan itu kalau pas kita di sekitar POM bensin deket PH itu,” jelas Wahyu.

Dijelaskan politisi PAN ini,  pihak PH juga mestinya memperhatikan limbahnya, jangan sampai menimbulkan pencemaran udara.

“Ya namanya limbah bekas sisa makanan pasti bau, apalagi jangan-jangan gak ada IPAL, pasti sangat bau, harusnya pihak PH yang sudah mendunia memeperhatikan limbahnya,  jangan sampai menimbulkan gejolak di masyarakat,” terangnya.

Disisi lain Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sidik Ayogo mengatakan, jika memang ada pencemaran lingkungan yang diakibatkan limbah dari resto Pizza Hut maka pihaknya akan menindak tegas.

“Pada dasarnya kita tidak cari-cari masalah ya, tapi kalau memang ada pencemaran udara atau limbah yang menimbulkan bau yang tidak sedap kami DLH akan beri sanksi tegas,” ungkapnya.

Untuk mengecek kebenaran hal tersebut, imbuh Sidik Ayogo, pihaknya sebelumnya akan cek lapangan dan mengecek IPAL apakah karena pembuangan limbahnya atau pengelolaannya yang tidak memadai.

“Ya nanti kita cek, apakah karena pencemaran limbah sehingga menimbulkan bau busuk yang menyengat atau karena apa, kita belum bisa berandai-andai karena belum kita cek langsung,” pungkasnya. (*/ydn/hkw).

News Reporter