. . .

Di Wayjaha Batal, Pastikan di Islamic Center Kotaagung

image_print

Pelepasan Dua Kloter Jamaah Calon Haji Asal Tanggamus

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Kementerian Agama (Kemenag) Tanggamus telah memutuskan, pelepasan dua kelompok terbang (kloter) jamaah calon haji asal Kabupaten Tanggamus dipusatkan di Kawasan Islamic Center Kotaagung. Pertimbangan utama, adalah ketersediaan lahan parkir yang sangat luas saat seremoni pelepasan Kloter 57 dan 49.

Kepastian tersebut terungkap saat Kemenag Tanggamus dan stakeholder terkait, melaksanakan Rapat Kerja Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Jama’ah Haji Kabupaten Tanggamus Tahun 1439 Hijriyah/2018 Masehi, Selasa (24/7). Dalam rapat kerja tersebut, kemenag fokus membahas pemberangkatan dan pemulangan dua kelompok terbang (kloter) jamaah haji asal kabupaten setempat.

Sesuai jadwal, Kloter 57 dan 49 jamaah haji Tanggamus masuk lokasi pelepasan pada hari Selasa (7/8) mendatang. Rencananya rombongan jamaah haji dilepas secara simbolis oleh Penjabat Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, M.T.

Hadir dalam rapat tersebut, Asisten III Bidang Adminitrasi Setda Tanggamus Drs. Firman Ranie, Kepala Kantor Kemenag Tanggamus Drs. Hi. Murdi Amin, M.Ag., perwakilan Polres Tanggamus, perwakilan Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja, serta para pejabat Eselon IV Pegawai Kemenag Tanggamus.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Tanggamus yang diwakili Asisten III Firman Ranie mengatakan, agar panitia pelepasan dan pemulangan jamaah calon haji Kabupaten Tanggamus selalu menjaga keselamatan, keamanan, dan kesehatan para jamaah calon haji. Pemerintah Kabupaten Tanggamus percaya persiapan dari Kemenag Tanggamus sudah optimal.

“Karena yang kami ketahui selama ini, bahwa Kontingen Indonesia termaksuk jamaah haji yang sangat disiplin,” kata penjabat bupati lewat Firman Ranie.

Terhadap Dinas Perhubungan (Dishub), Zainal menginstruksikan, agar berkoordinasi dengan Satlantas Polres Tanggamus. Tujuannya untuk menjaga arus keberangkatan, lalu lintas titik-titik jalan sampai perbatasan Kecamatan Pugung yang rawan kemacetan. Karena dipastikan keberangkatan jamaah haji akan berangkat dari Islamic Center Kotaagung.

“Saya percaya, persiapan Kantor Kemenag Tanggamus sudah optimal. Karena pengalaman setiap tahun yang dilalui. Untuk para panitia pelepasan dan pemulangan, agar selalu sigap menjaga keamanan dan kenyamanan serta kesehatan para jamaah haji yang bakal berangkat,” ungkap Zainal Abidin.

Membacakan sambutan Pj. Bupati Tanggamus, Firman Ranie melanjutkan, untuk pemberangkatan direncanakan di Islamic Centre Kotagung. Mengingat area parkir yang luas dan ketersediaan air yang cukup. Untuk pengamanan seremoni pelepasan jamaah calon haji, akan melibatkan personel Polri, Polisi Pamong Praja 30 orang, dan Dinas Perhubungan.

“Dan tetap berkoordinasi dengan Satlantas Polres Tanggamus. Jangan sampai ada yang menghambat. Contohnya, antisipasi adanya jabat tangan di dalam bus dan berpelukan pengantar jamaah. Karena situasi itu dapat memperlambat pemberangkatan para jamaah haji,” jelas bupati.

Dalam pengaturan lokasi dan teknis parkir saat pelepasan jamaah caloh haji, Firman Ranie melanjutkan, personel Sat Pol PP dan Dishub juga diminta agar tetap berkoordinasi dengan Satlantas Polres Tanggamus. Terutama dalam mengatur parkir dan arus lalulintas.

“Serta saya minta pada Dinas Kesehatan agar ambulans beserta perawat standby di lokasi halaman parkir,” tandas Firman Ranie.

Untuk diketahui pemberangkatan jamaah calon haji asal Tanggamus, dibagi menjadi dua kloter. Masing-masing kloter berangkat sesuai jadwal, yaitu pada 7 dan 10 Agustus angan dilakukan pada tanggal 7 dan 10. Dengan total 279 orang yang akan berangkat. Untuk tahun ini menurut data dari Kemenag Tanggamus, jumlah jamaah calon haji mengalami penurunan sebesar 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. (ayp)