Dengan Ekskul, SMPN 10 Telah Banyak Lahirkan Siswa Berprestasi

0
94
views

TRANSLAMPUNG, BANDARLAMPUNG – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Bandarlampung memiliki segudang prestasi. Salah satunya menjadi perwakilan Provinsi Lampung dalam ajang Kompetisi Roket Air Nasional 2017. Dalam kompetisi tersebut SMP Negeri 10 Bandarlampung berhasil meraih urutan 10 besar.

”Kita mempunyai beberapa cabang ekstrakurikuler (ekskul) yang memang mendatangkan pelatih-pelatih khusus dari luar sekolah. Salah satunya adalah ekskul Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) yang di dalamnya memilki cabang ekskul Roket Air. SMP N 10 bersama SMP N 2 Bandarlampung menjadi perwakilan Provinsi Lampung dalam ajang Kompetisi Roket Air Nasional 2017 di Jakarta. Alhamdulillah kita meraih peringkat 8 (10 besar) dan SMPN 2 Bandarlampung peringkat 18 (20 besar), ”ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Juwariyah. M.Pd, Selasa (10/10).

Dalam kompetisi tersebut, SMP N 10 Bandarlampung  mengirimkan dua siswanya dalam kategori best desain dan tepat sasaran.

Lanjut Juwariyah, baru-baru ini juga, SMP N 10 juga berhasil meraih juara 2 dalam ajang kompetisi roket air se-Sumbagsel.

”Pada bulan September kemarin kita meraih juara 2 dalam ajang kompetisi roket air tingkat Sumbagsel untuk katagori Best Desain dan Tepat Sasaran juga. Kompetisinya dilakasanakan di Kampus Universitas Lampung (Unila) dan SMPN 10 Merupakan satu-satunya peserta yang berasal dari tingkap SMP, “ungkapnya.

Tak hanya prestasi dalam kompetisi roket air, SMPN 10 Bandarlampung juga memiliki prestasi yang gemilang dalam ekskul olahraga Basket. SMPN 10 Bandarlampung selalu meraih juara 1 dalam ajang kompetisi Bola Basket tingkat SMP.

”Kita selalu juara 1 dalam ajang kompetisi basket tingkat SMP. Terakhir kemarin di Kotabumi kita meraih juara 1 dan itu bukan hanya tingkat SMP melainkan tingkat antar sanggar, ”terangnya.

Selain Roket Air dan Basket, prestasi yang telah dicapai SMPN 10 Bandarlampung adalah lomba Scrabble. ”Beberapa tahun kemarin kita pernah mewakili Indonesia ke ajang kompetisi Scrabble se-Asia  Tenggara, dan kemarin itu kita berangkat ke Malaysia, “kata wanita yang mempunyai hobby menjadi  MC ini.

Dalam bidang akademik, SMPN 10 Bandarlampung sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk pertama kalinya.

”Roket Air, Basket dan Scrabble merupakan prestasi kita dibidang non akademik, sedangkan untuk bidang akademiknya, tahun kemarin kita sudah melaksanakan UNBK untuk pertama kalinya dan insyaallah tahun ini dan seterusnya kita juga terus melaksanakan UNBK, “ ucapnya.

Dalam mensuskeskan dan memperlancar jalannya UNBK, SMPN 10 terus meningkatkan tahapan-tahapan Prosedur Operational Standar (POS)  UN. Mulai dari penyiapan ruang, simulasinya, gladeresik hingga pelaksanaan UBKnya.

”Untuk standarisasi UNBK, baru SMP kita yang ruang komputernya mengikuti standard POS UN. Hal itu diutarakan oleh Tim Operator Provinsi. Memang betul-betul kita setting bahwa satu ruang itu isinya hanya 20 komputer untuk 20 siswa peserta ujian. Dan kita menggunakan 6 ruangan untuk UNBK, “jelasnya.

Upaya peningkatan prestasi siswa-siswi SMPN 10 Bandarlampung tak hanya fokus dalam kecerdasan dan ketangkasan saja. SMPN 10 juga meningkatkan prestasi dalam bidang keagamaan. Setiap Jum’at di Minggu kedua, SMPN 10 melaksanakan kegiatan Imtaq yang dipusatkan di halaman SPN 10.

”Setiap hari Jum’at di Minggu kedua kita selalu melaksanakan kegiatan Imtaq. Jadi seluruh siswa kita kumpulkan ke lapangan, kita laksankan baca yasin bersama, dan ada juga tausiyah yang semua petugasnya merupakan dari  siswa-siswi SMPN 10 secara bergiliran dari kelas satu sampai kelas tiga dan guru hanya mendampinginya saja, “paparnya.

Dengan adanya berbagai ekskul baik dibidang akademik dan non akademik, diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa SMPN 10 Bandarlampung

”Dengan upaya-upaya yang telah kita jalankan, kita beharap SMPN 10 dapat menghasilkan siswa-siswa yang berprestasi. Paling tidak outputnya setiap tahun ada peningkatan nilai, walaupun nol koma sekian persen, “tutup ibu dari dua orang putri ini. (kesatrian)