Dendi Ramadhona : Semua Kepala Desa Diharapkan Bersama-Sama Bangun Desa 

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN-Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, mengimbau kepada seluruh kepala Desa yang ada di Kabupaten Pesawaran untuk bersama-sama membangun desa, dengan segera merangkul ripalnya yang kalah saat pencalonan kepala desa.

Menurut Dendi Ramadhona bahwa dengan membangun desa bersama -sama tentunya akan membuahkan hasil terutama dalam pembangun di desa masing-masing tentunya harus merangkul ripal yang kalah saat pencalonan.

“Saya sangat mengapresiasi kepada semua calon kepala desa yang telah ikut dalam Pemilihan Kepala Desa tanggal 30 April 2018. Kepada Calon Kepala Desa yang terpilih saya menghimbau untuk merangkul calon yang kalah untuk bersama-sama membangun desa. Kepada Calon Kepala Desa yang belum beruntung, saya berpesan bahwa ini adalah kemenangan yang tertunda, dan saya berharap kita dapat terus berkontribusi aktif dalam membangun desa,” kata  Dendi saat melantik Kepala Desa Batu Raja yang menang hasil pemilihan PAW di Aula Pemkab setempat, Kamis (31/5/2018).

Orang nomor 1 di Kabupaten Pesawaran ini menjelaskan bahwa hal yang perlu disadari dalam pesta Demokrasi ada pihak yang menang dan pihak yang kalah, untuk hasil akhir tentunya merupakan kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

“Tadi baru saja kita saksikan pelantikan Kepala Desa Batu Raja Kecamatan Way Lima, maka sudah menjadi kewajiban saudara untuk segera bekerja dan segera membenahi kekurangan yang ada di desa,” kata Dendi.

Lebih lanjut Mantan Anggota DPRD Provinsi Lampung ini mengingatkan kembali bahwa kepala desa mempunyai tugas pokok dan kewajiban yang sangat penting seperti salah satunya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, melaksanakan kehidupan berdemokrasi, menyelenggarakan administrasi pemerintahan desa dengan baik, melaksanakan serta mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan desa.

“Tugas tugas penting ini harus di jalankan setiap kepala Desa agar apa yang akan di harapkan dalam pembangun di desa bisa terlaksana ,”ucapnya .

Selain itu juga lanjut Dendi bahwa tugas Kepala Desa tentunya  harus memberdayakan masyarakat dan lembaga di desa, mendamaikan perselisihan masyarakat di desa dan tak lupa juga membina, mengayomi dan melestarikan nilai-nilai sosial budaya dan adat istiadat,  serta menggerakkan partisipasi masyarakat dan swadaya gotong royong masyarakat sebagai sendi utama pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan desa.

“Menyadari akan berat dan kompleksnya tugas dan kewajiban kepala desa, maka untuk mendukung hal tersebut hendaknya saudara harus mempelajari segala Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, khususnya yang berkaitan dengan pelaksanaan pemerintahan. Hal ini perlu saya ingatkan karena segala sesuatunya dalam melaksanakan tugas pemerintahan teramat banyak peraturan-peraturan yang harus kita taati demi berjalan lancarnya pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Yang tak kalah pentingnya bagi kepala desa lanjut  putra mantan Bupati Lampung Selatan dua priode ini mengatakan bahwa seluruh kepala Desa yang ada di Kabupaten Pesawaran ini temtunya berkewajiban dalam mendukung setiap kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran.

“Selanjutnya secara terus menerus meningkatkan kualitas diri, karena tugas-tugas Kepala Desa yang dibebankan kepada saudara di masa-masa yang akan datang sangat berat dan penuh tantangan,” pungkasnya. (ydn)

News Reporter