. . .

Dendi Ramadhona : Apel Siaga Moment Penting yang Harus Dilaksanakan

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN – Dalam rangka upaya pencegahan dan kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana khususnya di wilayah Kabupaten Pesawaran selaku Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menghadiri Apel Siaga Bencana.

Menurut Dendi Ramadhona bahwa gelar apel siaga bencana ini sangatlah penting untuk dilaksanakan, mengingat Apel Siaga ini merupakan suatu moment penting yang harus dilaksanakan dalam rangka upaya pencegahan dan kesiapsiagaan karna mengingat bahwa wilayah Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi.

“Ya,secara geografis wilayah Kabupaten Pesawaran terdiri dari daerah Pesisir pulau dan pantai, daerah pegunungan, daerah hutan dan daerah yang memiliki aliran sungai yang cukup banyak, yang kesemuanya ini dapat menjadi potensi ancaman terjadinya bencana di Kabupaten Pesawaran,” kata Dendi saat mengelar apel tersebut yang di laksanakan di Pantai Klara Kecamatan Padang cermin kabupaten Pesawaran,Kamis (12/4/2018)

Orang nomor satu di Kabupaten Pesawaran ini menjelaskan bahwa dengan melihat potensi ancaman, kerentanan, dan keterpaparan masyarakat terhadap bencana, maka apel siaga bencana ini diperlukan untuk melihat kesiapan dalam rangka mengantisipasi bencana baik secara personil maupun ketersediaan sarana dan prasarana penanggulangan bencana yang ada.

“Jadi hal ini merupakan tanggung jawab penyelenggaraan penanggulangan bencana bukan hanya terletak pada pemerintah tapi juga merupakan tanggung jawab masyarakat dan semua sektor kehidupan termasuk dunia usaha,”tegasnya.

Lebih lanjut mantan Anggota DPRD Provinsi Lampung ini menjelaskan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten  Pesawaran mencacat kejadian bencana selama 3 (tiga) tahun terakhir, yaitu pada Tahun 2015 dengan 28 Kejadian, Tahun 2016 dengan 41 Kejadian dan Tahun 2017 dengan 68 Kejadian.

“Nah,ini menunjukkan bahwa frekuensi bencana di Kabupaten Pesawaran selama tiga tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup signifikan yang mungkin salah satunya disebabkan adanya perubahan iklim yang cukup ekstrem,”ucapnya.

Dan saya menghimbau, marilah kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan kita semua dalam menghadapi bencana yang dimulai dari diri kita, keluarga dan komunitas, karena kita semua sadar bahwa bencana datang pada tempat dan waktu yang tidak kita ketahui,”harapnya.

Diketahui dalam apel kesiapsiagaan yang di laksanakan ini dihadiri oleh Dandim 0421LS,perwakilan dari Brigif 3 Marinir, perwakilan dari Lanal Lampung, Kepala OPD Kabupaten Pesawaran, ketua Rapi Kabu Pesawaran serta camat padang cermin dan Para Pimpinan Ormas yang terkait dalam penanggulangan bencana tagana, Forum Bela Negara sera Walhi. (ydn)