. . .

Danrem 043 Gatam Resmi Tutup Program TMMD ke-102 Tahun 2018

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN -Danrem 043/Gatam Kolonel (Kav). Erwin Djatniko resmi menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-102 tahun 2018 di wilayah Kodim 0421/Lampung Selatan.

Program TMMD yang dilaksanakan selama 30 hari di Desa Grujugan Baru Kecamatan Negri Katon (Nekat) Kabupaten Pesawaran terhitung sejak 10 Juli hingga 8 Agustus 2018, sudah selesai, bahkan Over target dari kegiatan yang telah di jadwalkan.

Dalam upacara penutupan program TMMD yang bertemakan“Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial”

Kolonel (Kav). Erwin Djatniko membacakan amanat Kasad jenderal TNI Mulyono, selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD Ke-102 tahun 2018 menyampaikan bahwa dirinya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut berpartisipasi sehingga terlaksananya kegiatan selama satu bulan ini dengan sukses.

“Ucapan  kasih kepada jajaran pemerintah daerah, kepada masyarakat dan semua pihak yang telah turut berpartisipasi sehingga program TMMD ke-102 bisa berjalan sukses, aman dan lancar,” ucap Danrem saat membacakan sambutan, Kepala Staf Angkatan Darat selaku PJO TMMD, Jenderal TNI Mulyono di lapangan Desa Grujugan Baru Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran, Rabu (8/8/2018).

Dirinya juga menjelaskan, pembangunan wilayah desa merupakan salah satu realisasi kebijakan nasional Nawacita, yang ingin pembangunan mulai dari wilayah pinggiran.

“Melalui TMMD inilah potensi yang ada di pedesaan bisa dikembangkan dan kekurangan yang ada harus diatasi, agar terciptanya pemerataan, pertumbuhan serta kemandirian desa secara berkelanjutan dan salah satunya peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut adalah, turut serta pada kegiatan TMMD ke-102 tahun anggaran 2018,” jelasnya.

Dikesempatan itu  juga, dirinya menyampaikan beberapa pesan dan harapan kepada masyarakat dan para prajurit TNI yang telah berperan dalam melaksanakan TMMD ke-102 tahun 2018 diwilayah Kodim 0421 Lampung Selatan.

“Pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat dengan selalu hadir ditengah masyarakat dalam menyelesaikan persoalan dan selalu berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat, dan jangan mudah terhasut dan terprovokasi dari pihak mana pun yang bisa merusak kesatuan dan keutuhan NKRI,” katanya.

Danrem juga mengajak untuk meningkatkan semangat gotong royong yang sudah terbina sejak dulu, pelihara hasil kerja TMMD ke-102 Ini, agar bermanfaat dan bisa dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.

“Kepada seluruh Dansatgas TMMD ke-102 ini, lakukan evaluasi secara menyeluruh program TMMD ini untuk dijadikan perbaikan diprogram TMMD mendatang dan kepada seluruh prajurit yang tergabung disatgas TMMD ini, saya sangat berterima kasih dan memberi penghargaan atas dedikasi dan kerja kerasnya,” ucapnya .

Pada kegiatan TMMD tahun ini lanjutnya, telah melibatkan 50 Satgas TMMD di 50 Kabupaten/kota, 57 Kecamatan dan 79 desa, dengan di dukung oleh dinas pemda setempat, di antaranya Dinas Kesehatan, Pertanian, BKKBN, Sosial, Kehutanan, Pekerjaan Umum, Kejaksaan serta Kepolisian.

“Mengakhiri amanah ini mewakili Kepala Stap Angkatan Darat dan penanggung jawab operasional TMMD, saya mengucapkan terimakasih kepada segenap jajaran pemda, masyaraka serta semua pihak yang terlibat dalam kegiatan TMMD ke-102 tahun 2018 ini, sehingga penyelenggaraan kegiatan nya, dapat berjalan sukses aman dan lancar,” pungkasnya (rls/ydn).