Danrem 043/Gatam dan Dirjen Pertanian Panen Raya Bersama

TRANSLAMPUNG.COM, RUMBIA – Danrem 043/Gatam Kolonel Inf Hadi Basuki menjelaskan bahwa, peningkatan kesejahteraan petani, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pencapaian tujuan negara yaitu membantu taraf hidup petani dan meningkatkan sistem penanaman produktivitas petani.

Karena pertanian merupakan dasar untuk mensejahterakan masyarakat dan anggota TNI siap mendampingi Kementrian Pertanian dengan menerjunkan personil yang bertugas di Koramil untuk mendampingi petani.

Seperti pembuatan cetak sawah di Kecamatan Rumbia ini, kerja sama TNI dan Kementrian. Hal itu ditegaskan Komandan Korem, saat hadir dalam panen raya di Desa Restubuana, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, Rabu (14/2).

Di samping itu, Dirjen PSP Kementerian Pertanian Pending Dadih Permana juga meminta persoalan irigasi perlu diperbaiki dengan sistem saluran yang teratur. Dan itu perlu adanya rekayasa sosial yang dilakukan oleh penggarab sawah.

“Kedaulatan pangan harga mati, sehingga persoalan bertani harus digalakan,” ucapnya.

Saat ini, kondisi tanaman memang masih banyak hama jenis “blas” yang bisa menyerang ulir padi sehingga berdampak pada buah padi akan kosong (gabuk).

“Ini perlu dicermati untuk kedepannya persoalan hama,” ungkap Dirjen. (*/hkw)

News Reporter