. . .

Danlanal Lampung Sambut Satlat Jalayudha Taruna Tingkat 4

image_print

Angkatan ke-64 Tahun 2018

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARAMPUNG – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung menyambutan Kedatangan Satuan Latihan (Satlat) Jalayudha Taruna Tingkat 4 Angkatan ke-64 Tahun 2018 di Pelabuhan Panjang, Bandarlampung, Minggu (4/11).

Satlat Jalayudha Taruna Tingkat 4 Angkatan ke-64 Tahun 2018 diantaranya 122 Taruna/Taruni yang terbagi 98 Taruna dan 14 Taruni yang akan menjalani latihan di beberapa daerah selama 1 bulan. Dan Lampung merupakan tempat pertama kali disinggahi.

Penyambutan dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Albertus Agung Priyo S bersama forkopimda Lampung, Walikota Bandarlampung yang diwakilkan oleh Asisten I, dan juga Pimpinan DPRD Lampung yang diwakilkan oleh Komisi I, serta jajaran Lanal Lampung.

Danlanal Lampung, Kolonel Laut (P) Albertus Agung Priyo S menjelaskan, bahwa Satlat Jalayudha Taruna Tingkat 4 ini mengunjungi beberapa tempat.

“Salah satunya adalah di Lampung yang merupakan tujuan yang pertama,” kata Danlanal.

Danlanal juga memaparkan beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan taruna taruni tersebut di Lampung khususnya di Bandarlampung.

“Adapun kegiatan disini yaitu hari ini adalah penyambutan, besok ada audiensi dengan beberapa pejabat baik itu di Pemprov maupun di Pemkot. Selesai itu bersamaan akan ada kegiatan sosialisasi SMA yang akan dilaksanakan oleh Taruna bersamaan dengan para siswa SMA,” jelasnya.

Kemudian Danlanal menambahkan bahwa juga akan ada kirap atau pawai di Kota Bandarlampung dengan rute yang telah ditentukan. Hal itu menurutnya, untuk memperkenalkan taruna taruni tersebut kepada warga Bandarlampung khususnya, agar ada pemuda pemudi yang tergerak berminat bergabung dengan TNI AL.

“Ini untuk memperkenalkan diri dan mempunyai kegiatan yang cukup baik diantaranya untuk melatih dirinya setelah memperoleh pelajaran selama 3 tahun lebih dan ini prakteknya,” imbuhnya.

“Kita berharap tadi ada Taruna yang berasal dari Lampung, kita juga berharap dengan kehadiran Taruna di Lampung ini akan menimbulkan minat bagi pemuda dan pemudi di Bandarlampung khususnya dan Provinsi Lampung umumnya untuk bergabung dengan TNI Angkatan Laut dan ikut masuk menjadi taruna dan taruni TNI Angkatan Laut,” harapnya.

Perwira Pelaksana Latihan Tempur, Letkol Laut (P) Filda Malari menjelaskan bahwa dengan adanya Satlat Jalayudha Taruna Tingkat 4 angkatan ke-64 tahun 2018 ini diharapkan taruna dan taruni tersebut memiliki target dan tujuan. Serta menciptakan taruna yang handal dan profesional.

“Dari pertama mereka berlayar sampai mereka kembali ke pangkalan sudah dilaksanakan ujian-ujian yang sifatnya memantau kemampuan taruna. Selain melaksanakan buku tugas mereka pada saat di Palembang menuju Surabaya mereka akan fokus melakukan ujian, ujian konverhensif. Jadi selama pelayaran ini mereka sudah bertindak sebagai Asisten Perwira Jaga. Jadi saat mereka lulus nanti sudah ditempatkan di kapal-kapal yang memiliki tugas pokok sebagai Asisten Perwira Jaga,” jelasnya.

Kemudian ditambahkan oleh Komandan KRI Abdul Halim Perdanakusuma 355, Letkol Laut (P) Sumarji Bimoaji yang didampingi Komandan KRI Teluk Banten 516, Letkol Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi bahwa, para taruna taruni yang mengikuti Jalayudha Taruna Tingkat 4 Angkatan ke-64 Tahun 2018 seperti korps Pelaut akan belajar bagaimana bernavigasi atau membawa kapal.

“Memanuverkan kapal dan juga belajar prinsip-prinsip dasar dalam peperangan di kapal perang. Untuk Korps Teknik sendiri akan belajar bagaimana mengetahui sistim pendorongan kapal, baik itu motor pokok maupun motor Bantu yang ada di kapal,” jelasnya.

Diketahui juga bahwa dalam Satlat Jalayudha Taruna Tingkat 4 Angkatan ke-64 Tahun 2018 ini terdapat Putra Daerah Lampung yaitu Sermatutar (P) Panjisatrio Yogantoro. (hkw)