Danlanal Lampung dan Bupati Pesawaran Resmikan Posmat TNI AL

0
445
views

Selain Mendampingi dan Mengayomi, Ciptakan Rasa Aman Wisatawan

TRANSLAMPUNG.COM, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Lampung Letkol Laut (P) Kelik Haryadi, S.H., M.Si. kembali meresmikan Pos Pengamat (Posmat) TNI AL kawasan wisata Pulau Pohawang Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (16/2).

Pulau Pohawang merupakan salah satu kawasan wisata bawah air yang ada di wilayah pesisir Lampung, yang saat ini banyak dikunjungi baik wisatawan lokal maupun maupun dari luar daerah untuk melakukan olahraga Diving dan Snorkling.

Ahmad Salim, selaku kepala desa Pohawang dan masyarakat menanggapi dengan sangat postif dengan dibangunnya Posmat TNI AL. Karena menurut dia, nantinya Pulau Pohawang akan terjamin keamanannya, dan dapat membimbing Masyarakat nelayan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan TNI AL yang telah membangun dan menempatkan beberapa personelnya untuk menjaga keamanan wilayah pesisir di kawasan wisata tersebut sekaligus sebagai pembimbing masyarakat nelayan dalam melaut,” ucap Ahmad Salim.

Danlanal Lampung mengatakan, bahwa nantinya Posmat tersebut tidak hanya mendampingi dan mengayomi masyarakat saja, namun juga akan mengamankan ekosistem biota laut dan akan menindak sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
“Dengan keberadaannya Posmat tersebut, TNI AL bukan saja mengawasi tapi juga mendampingi dan mengayomi masyarakat Pohawang untuk menjaga dan melestarikan alam dan biota laut disekitar Pulau dari kerusakan, serta akan menindak tegas bagi siapa saja yg merusaknya sesuai hukum yg berlaku,” kata Letkol Laut (P) Kelik Haryadi dengan tegas.

Bupati Pesawaran, Dendi Romadona berpesan, bahwa dalam mengelola pantai sebagai tempat wisata jangan samapai terjadi penutupan pantai dengan mengatasnamakan golongan dan pribadi.

“Dalam pengelolaan taman wisata, masyarakat tidak boleh menutup pantai untuk kepentingan pribadi dan golongan. Masyarakat juga diajak untuk berkreatifitas dan memajukan wisata Pohawang agar kedepannya lebih banyak lagi wisatawan yang datang ke Pulau tersebut,” ujar Dendi Bupati Pesawaran.

Dalam peresmian Posmat Pulau Pohawang yang ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai filosofi rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang di berikan kepada Danposmat yang baru dan perwakilan masyarakat nelayan Desa Pohawang serta dilanjutkan dengan pembukaan papan nama oleh Danlanal Lampung dan Bupati Pesawaran.

Hadir dalam acara tersebut Unsur Forkopimda Kabupaten Pesawaran, Camat Marga Punduh, Kades Pohawan, anggota Komunitas Senyum Coral Camp dan Animon Club pemerhati terumbu karang serta masyarakat desa Pohawang.

Dalam giat tersebut juga digelar diskusi dan pemutaran film tentang pemeliharaan terumbu karang serta sosialisasi berlayar dengan aman dari pihak Angkatan Laut (Lanal Lampung) kepada masyarakat nelayan Desa Pohawang.

Pada kesempatan tersebut, dalam rangka ikut peduli kelestarian terumbu karang dan biota laut, juga dilaksanakan penanaman terumbu karang oleh Danlanal Lampung, Komunitas senyum dari Lampung Diver Club dan Animon Club Lampung serta masyarakat Desa pohawan.(adv)