Dana Perimbangan Masih Mendominasi Pendapatan Kota Metro

0
320
views

translampung.com – DPRD Kota Metro mengadakan Sidang Paripurna dalam rangka Penyampaian Terhadap Laporan Keterangan Penanggung Jawab (LKPJ) Walikota Metro pada akhir Tahun 2015, di ruang sidang DPRD Kota Metro, Jumat (15/04/2016).

Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda mengatakan, rapat ini dihadiri oleh 21 anggota DPRD Kota Metro, anggota Fokorpimda Kota Metro, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, Camat dan Lurah, serta tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan Tokoh Wanita.

Selanjutnya, Walikota Metro Achmad Pairin, penyampaian laporan terhadap pertanggungjawaban Walikota Metro Tahun 2015. Dalam laporannya, Achmad Pairin memprioritaskan pembangunan Kota Metro terhadap kualitas dan kesehatan masyarakat, penguatan perekonomian dan penanggulangan kemiskinan.

Selain itu juga, Achmad Pairin dalam sambutannya mengatakan, akan mengedepankan pemerataan infrastruktur dan pengelolaan lingkungan hidup, penguatan kapasitas ketahanan pangan juga pemantapan integritas dan kinerja aparatur.

“Pada sisi pendapatan daerah, kita terus berupaya melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan. Hal ini dikarenakan, pendapatan Kota Metro Tahun Anggaran 2015 mengalami perubahan, dalam APBD yang semula diproyeksikan 728,5 Milyar, namun terrealisasi 741,5 Milyar. Hal ini berarti pendapatan Kota Metro melampaui target dan tercapai sebesar 101,78% dari target yang telah ditetapkan,” ujar Pairin.

Pada laporannya, Pairin mengatakan, total pendapatan selama periode 2014-2015 mendapat sumbangan terbesar dari dana perimbangan, yang diikuti dengan pendapatan lain yang sah, dan pendapatan asli daerah. “Selain itu, kontribusi dana perimbangan tahun 2015 masih sangat besar, yaitu mencapai 66,64%,” ungkapnya. (rls)

LEAVE A REPLY