Dana Desa Untuk Sejahterakan Masyarakat Desa, Bukan Untuk Yang Lain

0
389
views

BANDARLAMPUNG – Dana desa adalah menyejahterakan rakyat untuk meminimkan disparitas karena kantong-kantong kemiskinan letaknya ada di pedesaan. Hal tersebut dikatakan gubernur Lampung M.Ridho Ficardo di Balai keratun, Sabtu (16/4).

Untuk itu, Dana Desa merupakan sarana untuk memperlambat laju ketimpangan dan alat untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat pedesaan yang merupakan kantong-kantong kemiskinan. Namun ini juga bisa menimbulkan bahaya-bahaya lainnya bila pengawasan dan pendampingannya tidak optimal dilakukan.

“Kolam ikan bila diberi makanan dengan cukup maka ikan-ikan akan tumbuh cepat, namun bila diberikan terlalu banyak makanan, maka sisa makanan yang tak termakan akan menjadi racun pada kolam tersebut. Maka bisa dilihat apakah dana satu miliar tersebut sudah pas atau belum, jika tidak maka akan banyak penyelewengan di tingkatan Desa,” ujar Ridho.

Lebih lanjut Ridho menjelaskan, untuk Lampung, dari sektor pertumbuhan Lampung tumbuh positif tapi yang dibutuhkan masyarakat bukan sekedar tumbuh tapi pemerataan sehingga setiap masyarakat bisa merasakannya. Maka ada banyak upaya yang Pemprov lakukan salah satunya ialah Program Gerbang Desa Saburai.

“Gerbang Desa Saburai adalah program untuk mengangkat 100 desa termiskin di Lampung. Bukan sekedar memberi bantuan, tapi kami memberikan pendampingan yang ketat diselaraskan dengan program-program yang ada pada dinas-dinas sesuai kebutuhan masing-masing Desa. Dan menjadi program terbaik ketiga se-Indonesia” teranya.

Lebih jauh, Ridho menuturkan Lampung di tengah laju pembangunannya telah memasuki masa-masa yang harus diwaspadai. Karna saat ini Lampung telah memasuki tahapan tinggal landas.

“apakah kita akan terbang atau tertinggal di landasan. Dibutuhkan segala upaya dan kegigihan berbagai pihak,” pungkasnya.(Ydn)

LEAVE A REPLY