Dana Desa di Tuba Dicairkan Dua Tahap

0
888
views
MENGGALA –  Di pastikan pada akhir April 2016 Dana Desa dan dana ADD  GSMK akan dicairkan oleh Pemkab Tulang Bawang. Pasalnya, dana desa yang merupakan dana dari pemerintah pusat sudah masuk kas daerah Kabupaten Tulang Bawang pada 31 Maret 2016 lalu.
Kabid Pemerintahan Kampung BPMPK Tulang Bawang, M. Ami Iswandi Ismed Balaw, S.Kom,MM, mendampingi Kadis BPMPK, Hamami Ria, mengatakan, bahwa dana desa dan add GSMK target kita akhir April sudah dicairkan, karena dana desa dari pemerintah pusat sudah masuk di kas daerah Tulang Bawang. Untuk dana desa proses pencairannya melalui dua tahap dan tahap pertama akan digelontorkan sebesar Rp 55, 8 M atau 60% dari total dana desa sebesar Rp. 93 M dan tahap kedua akan dicairkan pada Agustus 2016 mendatang sebesar Rp 37 M atau 40%.
Sedangkan untuk dana add GSMK proses pencariannya melalui tiga tahap, tahap pertama 40%, lalu tahap kedua 40% dan terakhir 20%. Dana add GSMK yang akan digelontorkan melalui APBD Tulang Bawang Tahun 2016 sebesar Rp.51,5 M, jadi total dana yang akan digelontorkan oleh Pemkab Tulang Bawang baik dana desa maupun dana add GSMK sebesar Rp. 144, 5 M.
” Dari angka tersebut, 147 Kampung akan mendapatkan dana desa dan dana add GSMK masing-masing perkampung sebesar Rp 600 juta.  Memang pencairan dana desa dan dana add GSMK akan kita cairkan, kalau semua proses sudah dilalui oleh Kampung. Kampung mempunyai kewajiban menyampaikan, RPJM,  Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rancangan Peraturan Kampung tentang raperkam. Kalau semua persyaratan tersebut sudah dipenuhi pasti dana desa dan dana add GSMK akan dicairkan,” ujarnya.
Ami juga mengatakan,  bahwa dari 15 Kecamatan yang telah melengkapi persyaratan di BPMPK Tulang Bawang untuk pencairan dana desa dan dana add GSMK sebanyak 9 Kecamatan yakni, Banjar agung, Banjar Baru, Dente Teladas, Gedung Aji Baru, Penawar Aji, Rawajitu Timur, Penawar Tama, Banjar Margo, Rawajitu Selatan.  Sedangkan Kecamatan yang belum memenuhi persyaratan 6 Kecamatan masing-masing yakni, Kecamatan Gedung Aji, Gedung Meneng, Rawapitu, Menggala, Menggala Timur dan Merasa Aji.
“Kalau kita hitung Kampungnya yang sudah memenuhi persyaratan sebanyak 93 kampung atau 63% dari 147 kampung dan sisanya 54 Kampung yang belum melengkapi persyaratan. Kami menghimbau kepada Camat dan Kakam agar bisa dapat menyampaikan  RAPKam secepatnya agar pencairannya dapat serempak pada akhir April bagi Kampung atau Kecamatan yang belum menyampaikan RAPKam. Namun kalau sampai akhir april masih ada Kampung yang belum memenuhi persyaratan yang ada, tentunya kami akan mendahulukan Kampung yang telah memenuhi persyaratan terlebih dahulu pada pencairan akhir April 2016 mendatang,” tambahnya. (als).

LEAVE A REPLY