Dana Desa Cair, Zainudin Ingatkan Kades Jangan Main-main

0
562
views
KALIANDA – Bupati Lampung Selatan H.Zainudin Hasan akan memanggil seluruh Kepala Desa, Sekretaris, Bendahara dan BPD Se-Kabupaten Lampung Selatan sebelum Dana Desa sebelum disalurkan kemasing-masing desa.
“Ini dilakukan agar kepala desa jangan merasa DD tersebut seolah-olah ini turun dari langit, kasihan mereka (Kepala Desa-Red) nantinya banyak yang masuk penjara,” katakan Zainudin saat ditemui usai acara memperingati Hari Kartini yang berlangsung dirumah  Dinas Bupati, Selasa (26/4).
Menurut Zainudin DD ini merupakan anggaran yang akan dikelola oleh masing-masing desa dengan tujuan untuk pemerataan pembangunan didesa.Dimana untuk pengelolaananya DD tersebut,  50 persen untuk pembangunan insfratruktur jalan, kemudian sisanya 6o persen dinon fisik.
“Hal seperti inilah yang harus dikoordinasikan pembangunan yang dilakukan oleh desa. Tampa adanya koordinasi dari pihak kecamatan dan kabupaten tidak tahu pembangunana yang telah dilakukan dan yang belum oleh desa, nanti dari kabupaten yang akan meneruskan yang belum dilakukan pembangunan oleh desa tersebut,” kata dia.
Selain itu juga, ditambahkan dia, pihak kecamatan juga akan melakukan pengawasan terhadap DD tersebut melalui pendamping desa yang direkrut selain dari pendamping pusat.
“Selain pendamping dari Pusat yang sudah direkrut, kita juga akan menyiapkan pendamping yang bertujuan untuk membantu para kepala desa dalam mengelola DD. Sehingga diharapkan pengelolaan DD ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang menjadi keinginan masyarakat disetiap desa tersebut,” pungkasnya.(Jhn)

LEAVE A REPLY