. . .

Dana Bansos PC-NU Dibenarkan BPKAD, Komisi C: Minta Pihak Berwajib Bertindak

image_print

TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN.
Menyikap tabir dugaan penyimpangan kucuran Dana Bantuan sosial (Bansos) Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) sejak 2009-2018 ‎terhadap Ketua PC-NU Kabupaten setempat H.Sugito.,AS, Badan Pengelolaan Keuangan dan Ased Daerah (BPKAD) Tubaba benarkan Bansos tersebut.

Bedasar pantauan Translampung.com ‎sejak tahun tersebut Badan Pengelolaan Keuangan dan Ased Daerah (BPKAD) terhitung 2009-2018 kemarin, telah mengeluarkan dana hibah terhadap PC-NU Kabupaten Tubaba mencapai ratusan juta rupiah, baik kegunaan pembangun kantor pun kegiatan sosial lainnya.

‎Menurut satudiantara staf BPKAD yang enggan disebutkan namanya menguraikan. Sepengetahuan juga bedasarkan data amplikasi catatan seluruh transaksi keluar masuk dana keuangan yang melalui BPKAD itu ril adanya secara rinci.

‎” Data dana hibah PC-NU yang ada dalam arsip saya sejak 2010-2018 dengan rincian sebagai berikut, pada tahun 2010 pemkab tidak menghibahkan dana bansos, sementara pada 2011 barulah Pemkab menghibahkan dana  sebesar Rp 10 juta untuk pembangunan kantor PC-NU di Tiyuh Penumangan, Rp 10 juta untuk turnamen bola voli SLTA ikatan pelajar NU, dan  Rp 10 juta untuk kegiatan Halagoh dan baksos dalam rangka hari lahir NU.‎” Katanya saat dihubungi Translampung melalui telpon selulernya pada (16/7/2018) pukul 16:45 Wib.

‎Lanjut dia, pada tahun 2012 Pemkab Tubaba kembali menghibahkan dana bansos Rp 20 juta untuk kegiatan operasional PC-NU, tahun 2013 ‎Rp 10 juta untuk peringatan hari lahir NU Tubaba ke 78, dan untuk giatan koperasi serba usahaa pemberdayaan warga NU Rp 10 juta.

” Tahun 2014 NU  tidak mendapatkan dana bansos, sedangkan pada tahun 2015 barulah PC-NU mendapat kembali bansos Rp 10 dan RP 15 juta, sementara tahun 2016 dan 2017 pemkab tidak menghibahkan dana bansos ke NU, setelah  2018 ini NU kembali mendapatkan Bansos sebesar Rp 100 juta untuk pembangunan Kantor NU di Tirta makmur  yang saat ini telah di cairkan sebesar Rp 60 juta tahap pertama, sedangkan tahap kedua Rp 40 belum di mereka caikan.” Jelasnya.

Menanggapi adanya dugaan penyimpangan dana bansos oleh Ketua PC-NU H Sugito.,AS, ketua Komisi C DPRD Tubaba Paisol.,SH menegaskan, pihaknya akan segera melakukan kroscek pada bangun NU berikut pemanggilan terhadap Dinas Terkait untuk mempertanyakan realisasi seluruh dana bansos tersebut.

” ‎ jika benar terbukti pihaknya akan melakukan tindakan bedasarkan tupoksi DPRD selaku pengawasan, langkah pertama kita akan koordinasi dengan pihak Dinas terkait dan inspektorat untuk dapat memberikan tindakan hingga ke pihak berwajib.” Imbuh Paisol  (Dirman)