. . .

Curah Hujan Tinggi, Dapur Ibu Dona Longsor

image_print

Kodim 0422 Bhakti Sosial 

TRANSLAMPUNG.COM, LAMBAR – Akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Lampung Barat (Lambar), mengakibatkan tanah yang berada persis di dapur rumah milik Ibu Dona tergerus air, sehingga terjadi longsor. Kodim 0422 Lambar sigap dibantu Warga, melaksanakan bhakti sosial di kediaman ibu Dona, Warga Lingkungan Sukamaju II, Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik-Bukit, yang rumahnya terkena longsor pada tanggal 8 November 2018 lalu.

 

Dandim 0422 Lambar, Letkol Kav Adri Nurcahyo, S,T, M.Si., memberikan penekanan kepada anggotanya melalui Pasi Ops Kodim 0422 Lambar, untuk melakukan bhakti sosial mengatasi tanah longsor tersebut.

 

Dibantu oleh warga sekitar, Anggota Kodim 0422 Lambar, Sabtu (10/11/2018), melakukan pemasangan pipa paralon pengairan sebanyak 3 Batang paralon untuk mengarahkan air dari siring samping rumah ibu Dona hingga kebawah.

 

Kemudian pemasangan batu pondasi untuk menahan longsoran tanah sebelah dapur ibu dona agar tidak terjadi longsor kembali dalam musim hujan saat ini. Setelah itu melakukan penimbunan tanah kembali yang sudah longsor agar tidak terkikis air saat turun hujan.

 

Hadir dalam giat bhakti sosial, Pasi Ops Kodim 0422/LB Kapten Inf H.G Sinaga, BA Tuut Koramil 422-04 Balik-Bukit Serka Maryanto, Anggota Kodim dan Koramil 422-04 Balik-Bukit.

 

Kapten Inf H.G Sinaga mengatakan, pekerjaan tersebut sebagai bentuk keperdulian Kodim 0422 Lambar kepada lingkungan sekitar, sesuai 8 wajib TNI yaitu menjadi pelopor dalam mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. “Dandim memerintahkan anggota untuk melaksanakan bhakti sosial di rumah Ibu Dona, walaupun Komandan tidak berada ditempat dikarenakan masih ada dinas Luar di palembang,” ujarnya.

 

Dikatakannya, kita tidak boleh menyerah dengan keterbatasan, walaupun kodim tidak mempunyai anggaran untuk itu, namun Dandim 0422 Lambar, Letkol Kav Adri Nurcahyo, S,T, M.Si., masih mau menyumbang untuk itu, dan tak lupa Dandim juga mengucapkan terima kasih kepada rekanan Kodim seperti, bapak Bambang Sudin yang sudah ikut berpartisipasi menyumbang batu untuk pekerjaan tersebut.

 

“Kalo kita menunggu anggaran dalam pengajuan ke Pemerintah Daerah itu melalui prosedur dan adminitrasi. Dandim 0422 Lambar khawatir dengan musim hujan yang intesitasnya tinggi seperti sekarang ini, yang dapat menimbulkan longsor yang lebih besar bahkan dapat menimbulkan kerugian kepada pemilk rumah ibu Dona dan warga sekitar lingkungan suka maju. Oleh karena itu beliau memerintahkan kepada anggotanya untuk melakukan bhakti sosial,” ungkap Kapten inf H.G Sinaga. (saf)

error: Content is protected !!