Cuaca buruk, Nelayan di Kalianda Alih profesi jadi tukang Ojek

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA-Sejumlah nelayan yang ada di pusat pelelangan ikan (PPI) Dermaga Bom Kalianda, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, enggan pergi melaut untuk mencari ikan.

Pasalnya, kondisi cuaca buruk yang datang sejak beberapa hari terakhir ini mengakibat gelombak laut menjadi kurang bersahabat. Selain itu juga, cuaca yang ekstrim yang disertai angin kencang membuat para nelayan khawatir jika pergi melaut.

Amirudin (50), salah satu nelayan yang berasal dari Anyar Daerah Jawa barat mengaku lebih memilih untuk transit di Pelabuhan Dermaga Bom karena cuaca seperti ini. Selain mengurangi hasil tangkapan, juga takut akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan di tengah laut.

“Saya lebih memilih untuk mampir ke dermaga kalianda ini Mas. Soalnya cuaca yang kurang bersahabat, kami khawatir akan terjadi musibah di tengah laut akibat di hantam ombak yang cukup tinggi mencapai 3 meter dari permukaan laut,” ujar dia, saat ditemui dilokasi perahu miliknya, Rabu (22/2).

Hal senada di ungkapkan oleh Rahmad (45) salah satu nelayan setempat, ia mengatakan untuk saat-saat seperti ini dirinya lebih baik beralih profesi. Sebab, jika mengandalkan dari profesi sebagai nelayan saja tentu penghasilan menjadi berkurang. Untuk menutupi semua itu, dirinya lebih memilih beralih profesi sebagai jasa Ojek di sekitaran kota kalianda.

“Diperkirakan, kondisi cuaca buruk seperti saat ini akan berlangsung hingga pekan depan. Dengan waktu yang cukup lama, tentu bagi saya tidak bisamenunggu cuaca sampai kondusif seperti biasanya. Ketimbang menganggur tidak memiliki pekerjaan, sementara di rumah ada 1 unit sepeda motor, tidak ada salah nya jika saya memanfaatkan untuk mengais rezeki sebagai tukang ojek,” kata dia.

Usai menjual jasa sebagai tukang ojek keliling dipasar, ditambahkan dia, juga menyepatkan diri untuk memperbaiki jaring-jaring yang rusak.

“Usah sampingan Ini, saya lakukan sambil menunggu cuaca kembali normal untuk pergi melaut kembali,” kata dia.(jhn)

News Reporter