Coklit Sudah 100 Pesen, KPU Pesawaran Segera Laksanakan Pleno

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN – Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) daftar pemilih di Kabupaten Pesawaran sudah selesai seluruhnya. Saat ini DP4 yang dicoklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pun tengah dilakukan penginputan data untuk selanjutnya digelar pleno ditingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Coklit sudah 100 persen dan saat ini PPDP dan PPS sedang melakukan input data untuk mengelompokan mana yang meninggal, TNI/POLRI, PNS dan sebagainya,” kata Yatin Putro Sigiono selaku anggota komisioner  KPU Pesawaran bidang Divisi Hukum,Rabu (21/2).

Menurut Yatin sapaan akrapanya ini menjelaskan bahwa dari data yang direkapitulasi tersebut, kemungkinan terdapat penambahan jumlah DP4 yang di Coklit. Namun, dari 546.160 yang memenuhi syarat untuk memilih, belum bisa diketahui jumlah penambahanya sampai semua data rampung direkapitulasi hingga tingkat kabupaten. “Kalau penambahan belum tahu berapa jumlahnya, nanti tunggu proses input datanya selesai,” terangnya.

Lebih lanjut kata Yatin setelah dilakukan penginputan data, maka PPDP segera membuat laporan dan diserahkan kepada PPS, setelah itu baru dilakukan pleno pada 5 hingga 7 Maret di tingkat PPS. “Tanggal 8-9 Maret ditingkat PPK dan 10 Maret ditingkat KPU Kabupaten. 12 Maret baru kita serahkan ke Provinsi,” ucapnya.

Dirinya mengatakan, jika dalam Coklit tersebut masih terdapat DP4 yang belum di Coklit, maka akan kembali dilakukan pembaharuan data seusai ditetapkanya menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Dan jika ternyata di DPS tidak masuk dan di DPT (Daftar Pemilih Tetap) juga tidak masuk maka masih dapat menggunakan KTP Elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil saat pelaksanaan Pilgub 27 Juni mendatang,” tambahnya.

Namun, saat pelaksanaan Pilgub 27 Juni 2018 tersebut, pemilih yang menggunakan KTP diperbolehkan memberikan hak suara diatas pukul 12.00 pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing sesuai alamatnya.

“Tapi saya pastikan mudah-mudahan yang sudah di Coklit oleh teman-teman PPDP ini sudah semuanya di Coklit,” pungkasnya. (*/ydn)

News Reporter