Cegah Masalah Hukum, Kedepankan Musyawarah

0
296
views

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA-Kejaksaaan Negeri Kalianda melakukan Memorandum of understanding (MoU), tentang upaya penangan masalah hukum dibidang Hukum Perdata bersama Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Kepala Kejaksaaan Negeri Kalianda Sri Indarti, mengatakan kerja sama ini merupakan salah satu upaya untuk menegakkan hukum dalam Hukum Bidang Perdata.

“Kerja sama ini, merupakan salah satu upaya untuk menegakkan hukum dalam Hukum Bidang Perdata bersama Pemkab Lamsel,” kata dia.

Sementara itu, Zainudin Hasan sangat mengapresiasi dengan baik atas dilakukanya kesepakatan bersama dengan pihak Kejaksaaan Negeri Kalianda.

“Ini sebagai langkah yang baik dalam tindakan pencegahan, sehingga masalah yang terjadi tidak sampai meluas atau kemeja pengadilan,” kata Zainudin.

Setiap permasalahan yang terjadi, lanjut Zainudin diperlukan suatu upaya penanganan masalah hukum, khususnya dibidang perdata atau lainnya. Sebab, dilakukannya upaya pencegahan suatu persoalan yang terjadi, dapat menyelesaikan persoalan tersebut.

“Namun setiap persoal yang terjadi, hendaknya ditempuh dengan melalui musyawarah mufakat dengan mengedepan rasa kekeluargaan, agar setiap persoalan tidak meluas,” ujarnya.

Oleh karena itu, melalui Mou ini diharapkan setiap persoalan yang terjadi tidak mesti berakhir ditingkat pengadilan.

“Ya kalo bisa, semua Pejabat dan Pegawai Pemda Lampung Selatan jangan sampai terlibat hukum. Ini bertujuan dapat meciptakan kondisi yang aman, sehingga pelayanan kepada masyarkat dapat terwujud menuju masyarkat adil dan sejahterah,” kata dia.(jhn)