CCAI dan PERSAKI Peringati HMPI 2017

0
121
views
Ketua Persatuan Sarjana Kehutanan Provinsi Lampung, MD Wicaksono didampingi Karang Taruna, Forum Pendidik  Sukanegara dan petani binaan Coca-Cola Amatil Indonesia melakukan penanaman dan pelatihan yang mengusung konsep “ petani pemuda pemasar “ di program regular Coca-Cola Forest Fun Learning Series 11.

Coca-Cola Forest

TRANSLAMPUNG.COM, TANJUNG BINTANG – Kamis, 30 November 2017 Coca-Cola Amatil Indonesia, bekerjasama dengan Persatuan Sarjana Kehutanan Indonesia  (PERSAKI), Forum Pendidik Sukanegara, Agra Indonesia Agri Culture dan Karang Taruna Dusun Sukomulyo, menggelar peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia ( HMPI ) yang jatuh pada tanggal 28 November 2017.

Dalam kesempatan ini Ketua PERSAKI, MD Wicaksono mengawali penanaman dengan pengenalan jenis tanaman hutan, serta manfaat pohon bagi kehidupan. Sedangkan Apendi Ketua Forum Pendidik Sukanegara memberikan pelatihan singkat yang mengusung konsep peningkatan peran pemuda dalam produktifitas ekonomi pertanian dan hasil hutan dilanjutkan kemudian dengan gerakan menanam pohon bersama beberapa sekolah dampingan Coca-Cola Amatil Indonesiayang berada di Desa Sukanegara Tanjung Bintang Lampung Selatan. Bibit pohon yang ditanam yaitu Agathis (Agathis dammara), Damar (Shorea javanica), Gaharu (Aquilaria malaccensis), Ketapang (Terminalia catappa), Ketapang kencana (Terminalia mantaly), Durian musangking (Durio sp), dan Pala (Myristica fragrans).

Acara yang dikemas secara alami di Coca- Cola Forest merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Coca-Cola Amatil Indonesia, Forum Pendidik Sukanegarabersama PERSAKI Lampung. Peringatan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 24 Tahun 2008, yang menetapkan tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Desember sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional.

Lampung, selain adanya Keputusan Presiden tentang HMPI, ada juga Instruksi Gubernur Lampung nomor 1 Tahun 2010 tentang Gerakan Lampung Menghijau (Gelam). Gelam merupakan gerakan bersama masyarakat Lampung untuk memperbaiki tutupan lahan dan kualitas lingkungan, juga untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Sejak 2 Agustus 2017, saat Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran Perangko “Tanam 25 Pohon Selama Hidup”, mengajak masyarakat Indonesia untuk menyukseskan “Gerakan Tanam dan Pelihara 25 Pohon selama hidup guna perbaikan kondisi Daerah Aliran Sungai dan peningkatan pendapatan masyarakat”.

Yayan Sopian CA Regional Manager West Indonesia, dalam keterangan persnya menyatakan “ Coca-Cola Amatil Indonesia melalui Coca-Cola Forest tumbuh bersama masyarakat, melibatkan banyak stakeholder membuat sebuah gerakan bukan sekedar menanam, program yang digagas adalah inisitif masyarakat zone 1 Desa Sukanegara yang memiliki harapan mewujudkan desa yang mandiri dan Lestari dari perspektif ekonomi  serta lingkungan, besar harapan Coca-Cola Forest akan melahirkan tokoh muda petani Indonesia yang memiliki jiwa wirausaha untuk kemandirian desanya“

Upaya CCAI dalam menjalankan program-program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Sustainability diterapkan dalam empat pilar: Environment, Our People, Wellbeing, dan Community. Coca-Cola Forest merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan oleh CCAI untuk pilar Community. Berbagai inisiatif serupa juga telah dilakukan oleh CCAI—utamanya untuk masyarakat yang bersentuhan langsung dengan fasilitas CCAI di seluruh wilayah operasinya—antara lain melalui bantuan pendidikan bagi siswa berprestasi, bantuan infrastruktur, bantuan air bersih melalui Water for Life, sertapenanaman pohon di area tangkapan air dan pelatihan masyarakat setempat melalui Coca-Cola Forest. (*/hkw)