Cawagub Sutono Siap Berjuang Bersama Petani Lampung

TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNG TENGAH – Calon Wakil Gubernur (cawagub) Lampung nomor urut 2, Sutono, menyatakan diri untuk berjuang bersama petani Lampung. Hal tersebut diutarakan Sutono dalam kampanye dialogis di Terbanggi Besar, Lampung Tengah (Lamteng).

Sutono mengatakan, potensi lahan dan etos kerja petani Lampung mampu menjadikan Lampung sebagai pusat pertanian Sumatera.

“Lahan subur di Lampung harus dapat menyejahterakan petani dan rakyat”, ujar Sutono.

Untuk itu, cawagub Herman HN ini telah menyiapkan beberapa program di bidang pertanian untuk membantu petani.

“Yang utama adalah pupuk dan obat pertanian tepat waktu. Lalu air yang cukup untuk petani. Jika tidak memungkinkan melalui irigasi akan disediakan sumur bor dan alat sedot air”, jelas Sutono.

Cawagub Herman HN ini menambahkan, petani juga akan diikutsertakan dalam program asuransi petani untuk mengurangi risiko gagal panen.

“Tahap awal, petani padi akan diikutsertakan dalam asuransi petani. Preminya sebagian dibayarkan Pemerintah dan jika gagal panen, petani dapat ganti rugi dari perusahaan asuransi”, jelas Sutono.

Ia juga menjelaskan untuk memudahkan petani dalam produksi dan pasca panen, infrastruktur jalan juga akan diperbaiki.

“Bagaimana bisa angkut panen kalau jalan rusak. Seluruh jalan di Lampung akan diperbaiki Herman HN – Sutono”, jelasnya.

“Kami siap berjuang bersama untuk mewujudkan kesejahteraan petani. Jangan ragu pilih Herman HN – Sutono 27 Juni 2018 nanti”, tegas Sutono.

Mendengar penjelasan tersebut, Prayitno, petani asal Ono Harjo, Terbanggi Besar, Lamteng, mengatakan, ia dan kelompok taninya siap memilih Herman HN – Sutono dalam Pilgub 2018.

“Pak Sutono itu ahli pertanian, dia paham soal produksi dan pasca panen. Untuk itu kami siap berjuang bersama Herman HN – Sutono”, tegas Prayitno.(rls/jef)

News Reporter