. . .

Bupati Adipati Buka Pelaksanaan Final Lomba Asah Terampil Petani Tingkat Kabupaten Waykanan

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PAKUAN RATU – Bupati Waykanan Raden Adipati Surya membuka pelaksana Final Lomba Asah Terampil Petani Tingkat Kabupaten Waykanan di Kampung Pakuan Baru, Kecamatan Pakuan Ratu, Selasa (17/4).

Dalam pidatonya Bupati Adipati menerangkan, Lomba Asah Terampil Petani yang dahulunya populer dengan sebutan Kelompencapir (kelompok pendengar, pembaca dan pirsawan) adalah sebagai ajang kompetisi antar petani di Kabupaten Way Kanan dan menjadi tolak ukur keberhasilan Penyuluh Pertanian dalam membina dan membimbing petani di wilayah kerjanya.

“Melalui Lomba Asah Terampil Petani diharapkan petani dan penyuluh pertanian termotivasi untuk meningkatkan kualitas diri, memberikan ide dan gagasan yang cemerlang untuk kemajuan pembanguan pertanian, mampu mencari mitra usaha, mampu mengakses pasar dan sumber permodalan guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” papar Bupati.

Dijelaskannya, Kabupaten Way Kanan merupakan kabupaten agraris yang sebagian besar wilayahnya adalah pertanian dan sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah petani, sehingga sektor pertanian merupakan salah satu prioritas pembangunan kabupaten.

“Oleh karena itu, saya berharap petani di way kanan mempunyai kemampuan dan keahlian yang mumpuni di bidang pertanian untuk mensukseskan visi Pembangunan Tahun 2016-2021 “Way Kanan Maju dan Berdaya Saing 2021” dan misi  ke empat “Revitalisasi Kebijakan Pertanian dalam rangka meningkatkan produktifitas dan nilai tambah hasil pertanian melalui pengembangan produk daerah”. Saya ucapkan Selamat Bertanding kepada para peserta Grand Final Lomba Asah Terampil Petani Tingkat Kabupaten Way Kanan, semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi kita semua terutama bagi pembanguan pertanian di Kabupaten Way Kanan,” ucap Bupati.(Yudi)