. . .

Bupati Winarti Dukung Penuh Program Penyediaan Air Minum Layak

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, MENGGALA – Bupati Tulangbawang Winarti mendukung penuh program Pemerintah Pusat yang diprakarsai Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi) dalam hal penyediaan air bersih dan air minum yang layak bagi masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati Gotong Royong usai menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Program Nasional Penyediaaan Air Minum dan Sanitasi Berbasi Masyarakat (Pamsimas) III Kabupaten Tulangbawang Provinsi Lampung, Jum’at (20/7) bertempat di Lantai II Ruang Rapat Kantor Bupati Tulangbawang, yang dilaksanakan antara Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sebagai wakil Pemerintah Kabupaten Tulangbawang dengan para Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dari Kampung-kampung yang ada di Kabupaten Tulangbawang.

Bupati Tulangbawang, Winarti menerangkan bahwa program Pamsimas termasuk dalam Program 100-0-100 untuk Indonesia bersih dan sehat. Maksudnya adalah 100 yang pertama bagaimana akses air minum terpenuhi untuk masyarakat tercapai 100%, 0 yang kedua adalah bagaimana kawasan kumuh itu bisa hilang hingga target 0%, serta 100 yang ketiga adalah bagaimana sanitasi lingkungan terpenuhi dengan baik atau 100%.

“Program ini tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019, jadi sasarannya terrmasuk Kabupaten Tulangbawang, mengingat kita memiliki cakupan pelayanan air minum aman perdesaan yang belum mencapai 100%,” terang Bunda Winarti, sapaan akrab Bupati Tulangbawang.

“Maka berdasarkan hal tersebut, saya mengajak semua pihak untuk tetap berkomitmen membangun Kabupaten Tulangbawang ini sebagai wahana bersama untuk berbuat kebaikan dan menata masa depan yang lebih baik lagi sesuai motto Bergerak Melayani Warga (BMW),” imbuh Bupati Gotong Royong mengajak.

Dijelaskan Bupati, dana bantuan program Pamsimas hanya boleh digunakan untuk membiayai kegiatan masyarakat yang telah direncanakan bersama dan dituangkan dalam Rencana Kerja Masyarakat (RKM).

“Jadi kepada semua pihak terkait, saya mengajak agar senantiasa dapat menyatukan visi, misi dan persepsi untuk menyelaraskan langkah pembangunan yang dilandasi dengan profesionalisme dan kesadaran tinggi sebagai bukti tanggungjawab kita dalam rangka meningkatkan pembangunan dan kemajuan Kabupaten Tulangbawang,” tegas Bupati Winarti.

“Semoga program ini dapat berjalan dengan lancar, dan semoga Allah SWT tetap memberi petunjuk dan hidayah serta kekuatan kepada kita semua, lalu teruslah berkoordinasi agar program dapat diselesaikan dengan baik, sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari, jangan cepat ngambek, kalo ada yang ngambek cepat berikan es cream,” tutup Bupati mengakhiri sambutan yang disambut gelak tawa para peserta yang hadir. (als/hkw)