. . .

Bupati Umar Ahmad Apresiasi P4 Tingkat SD Se-Tubaba

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN – Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba)‎ Umar Ahmad mengapresiasi atas digelarnya kegiatan pelatihan petugas pengelolaan perpustakaan (P4) yang di gelar pertamakalinya di tingkat Sekolah Dasar (SD) Se-Kabupaten setempat.

Hal tersebut merupakan upaya sehingga dapat tertatanya bahan pustaka dan pelayanan perpustakaan sekolah dengan baik, tentunya manfaat yang sangat besar dari kegiatan tersebut demi meningkatkan minat baca bagi masyarakat, yang pada akhirnya akan berdampak pada meningkatnya wawasan, pengetahuan, dan kecerdasan warga masyarakat khusunya.

Kegiatan terpusatkan di Balai Tiyuh Pulung Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tubaba, sejak pukul 09:00 Wib. Selain Kepala Dinas Pendidikan Amrullah, juga hadir Ketua dan Anggota DPRD Tubaba Busroni, Dinas Perpustakaan dan kearsipan Provinsi Lampung, serta seluruh pejabat teras pemkab Tubaba.

Menurut Bupati, ‎dengan adanya program pelatihan petugas pengelola perpustakaan,  diharapkan seluruh sekolah dapat tertatanya bahan pustaka dan pelayanan perpustakaan sekolah dengan baik‎, tentunya mereka sangat mengharapkan manfaat yang sangat besar dari kegiatan tersebut.

“Sebagaimana kita ketahui, Pustakawan merupakan ujung tombak dalam pengelolaan dan penyediaan layanan informasi di perpustakaan, pengelolaan perpustakaan tidak hanya menghimpun serta mengelola bahan pustaka atau buku-buku tetapi memiliki ruang lingkup yang luas menyangkut seluruh aspek kehidupan. Pastinya setiap‎ Pengelolaan perpustakaan harus memenuhi beberapa kriteria yakni, ketrampilan, ketelitian, kerapian dan kecerdasan, sehingga semua informasi dapat diakses dengan mudah,” kata Bupati dalam sambutannya saat dikutip Trans Lampung, Rabu (18/4) kemarin.

Lanjut dia, jika dilihat perkembangan perpustakaan dewasa ini, patutlah kita mensyukurinya. Sebab perpustakaan sebagai pusat sumber baca masyarakat telah mengalami kemajuan yang menggembirakan. Demikian juga upaya membudayakan minat baca pada masyarakat telah dilakukan di berbagai tempat, baik di pusat maupun di daerah serta seluruh masyarakat.

“Pasca digelarnya kegiatan ini, diharapkan mampu melahirkan pengelola perpustakaan yang profesional dan berkualitas sehingga dapat memberikan layanan yang optimal untuk pemustaka serta memberikan kontribusi nyata terhadap dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Tubaba,” imbuhnnya. (dir/hkw)