Bupati Tulang Bawang Lantik 62 Kepala Kampung Dihari Pahlawan

0
3503
views
Bubati Tulang Bawang, Ir. Hanan A Rozak,MS, melantik 62 Kakam terpilih

TRANSLAMPUNG.COM, TULANG BAWANG- Bupati Tulang Bawang, Ir. Hanan A Rozak,MS, melantik 62 orang Kepala Kampung (Kakam) se-Kabupaten Tulang Bawang, di Gedung Serba Guna (GSG), Menggala Tuba, Jum’at (10/11).

Penandatanganan SK Pelantikan Kakam

Mengawali sambutannya, Bupati Tulang Bawang,Ir. Hanan A Rozak,MS, mengatakan, kenapa menjadwalkan pelantiikan pada hari Jum’at, menurut dia hari tersebut merupakan hari yang sangat baik yang bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November.

Bubati Tulang Bawang, Ir. Hanan A Rozak,MS saat menyampaikan sambutan pada pelantikan Kakam terpilih

“Kenapa saya pilih hari pelantikan Kepala Kampung terpilih dalam wilayah Kabupaten Tulang Bawang pada hari ini (Jum’at-Red), yang pertama Jum’at merupakan hari yang baik, begitu tanggalnya 10 November 2017 merupakan hari pahlawan,” kata Bupati.

Bubati Tulang Bawang, Ir. Hanan A Rozak,MS saat menyampaikan sambutan pada pelantikan Kakam terpilih

Hanan berharap kepada seluruh Kakam dapat bekerja layaknya para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

“Saya berharap pada saat setelah di lantik para Kakam dapat bekerja seperti para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan RI tanpa pamrih, begitu juga Kakam bekerja secara ikhlas, jujur, profesional dan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang telah memberikan amanah kepada Kakam terpilih,” ujarnya.

Foto bersama usai pelantikan

Dia juga mengatakan, Pemilihan Kepala Kampung merupakan sarana demokrasi dalam menentukan pimpinan pada tingkat kampung, sesuai mekanisme dan prosedur yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Untuk itu menurut Bupati Hanan, patut disyukuri bahwa melalui proses yang panjang tersebut, pilkakam dapat dilaksanakan dengan baik, aman, dan demokratis, walaupun disadari bahwa dalam proses demokrasi perbedaan pendapat dan pilihan merupakan bagian yang tidak bisa dihindari.

“Oleh karena itu, mari kita memandang perbedaan itu sebagai rahmat dari Allah SWT, bukan sesuatu yang menyebabkan kita saling menyalahkan antara satu dengan yang lain karena merasa benar, kita semua yakin bahwa pada hakekatnya dalam pemilihan kepala Kampung yang menang. Satu hal yang perlu saya ingatkan khususnya kepada Kepala Kampung terpilih, yang baru dilantik, bahwa tugas dan tanggungjawab Kepala Kampung saat ini dan yang akan datang cukup berat, sehingga memerlukan langkah-langkah strategis untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki. Salah satunya mengelola anggaran dana desa (ADD), yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat untuk setiap Kampung sangat besar, lalu ditambah dari APBD Tulangbawang, untuk program Gerakan Serentak Membangun Kampung (GSMK), agar setiap kampung yang ada di Kabupaten Tulangbawang, dapat menikmati pembangunan, di segala bidang,” paparnya. (adv)