. . .

Bupati Pesibar Tegaskan Ketahanan Pangan Jadi Prioritas Utama

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR – Bupati pesisir barat (Pesibar), Agus Istiqlal menghadiri acara temu lapang tanam perdana padi kabupaten setempat tahun 2018. Di pekon mon, kecamatan ngambur, Selasa (27/11).

Dalam sambutannya, Agus menyampaikan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki, oleh karena itu kebutuhan pangan disuatu daerah mutlak harus dipenuhi.

“Dalam rancangan kerja pemerintah, ketahanan pangan merupakan suatu prioritas. Mengingat jumlah penduduk yang semakin meningkat yang juga dibarengi dengan kebutuhan pangan yang semakin meningkat pula, maka dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan tersebut diperlukan kesamaan persepsi, keterpaduan teknologi dan sinkronisasi dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan, “ujarnya.

Masih menurut dia, potensi sumberdaya lahan pertanian di kabupaten Pesibar cukup strategis yaitu mencapai 224.681 Ha, dimana luas lahan sawah 8.778 H, sedangkan lahan kering yang dapat digunakan untuk pertanian tanaman pangan seluas 20.886 H.

“Apabila sumberdaya ini terus kita kelola dengan baik ditambah dengan masukan teknologi budidaya yang sempurna, maka target pemerintah untuk terus meningkatkan dan mensejahterakan masyarakat akan tercapai, “imbuhnya.

Agus juga menjelaskan, berdasarkan data statistik pertanian tahun 2017 rata-rata produktivitas padi di kabupaten Pesibar adalah 5,28 ton per-H, adapun salah satu upaya pemerintah ditahun 2018 ini dengan memberika bantuan benih padi seluas 9.61H yang diberikan kepada 150 kelompok tani.

“Dalan rangka meningkatkan produktivitas tersebut, maka pemerintah juga menggulirkan beberapa program diantaranya seperti pembangunan pintu air, dam parit, alat pertanian, benih, pupuk bersubsidi, dan bantuan oprasional untuk penyuluh pertanian kabupaten Pesibar, “terangnya

Agus juga berharap, semua sarana dan prasarana harus didukung sumber daya manusia yang handal, yaitu unsur teknis dari dinas pertanian lapangan (PPL) dalam rangka membina dan membimbing petani.

“Saya berharap kepada semua petani yang ada dikabupaten Pesibar untuk terus berpacu dalam usaha pertaniannya, ikuti petunjuk yang diberikan penyuluh pertanian lapangan dan jalin komunikasi yang baik, “tandasnya.

Turut juga hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil bupati, Ketua dan anggota DPRD, Komadan Kodim 0422 Lambar-Pesibar, Kepala kejaksaan negri Lambar-Pesibar, Sekda, Pejabat Pemkab Pesibar, Camat dan Petani pangan. (r7)