. . .

Bupati Pesibar Tandatangani MoU KUA dan PPAS APBD Tahun 2019

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR – Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal menghadiri acara rapat paripurna penandatanganan nota kesepakatan KUA dan PPAS APBD tahun anggaran 2019 di gedung wanita, Senin (27/8).

Dalam sambutanya Agus menyampaikan, hasil laporan dari badan anggaran (Banggar) DPRD terkait dengan pembahasan nota pengantar KUA dan PPAS APBD kabupaten Pesibar tahun anggaran 2019. Dan juga telah ditanda tanganinya nota tersebut.

“Saya mewakili segenap unsur pemerintah Kabupaten Pesibar menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan anggota dewan yang terhormat yang telah melaksanakan rangkaian pembahasan KUA dan PPAS APBD tahun anggaran 2019 ini dengan profesional dan penuh rasa tanggung jawab, ” ujarnya.

Masih menurut dia, semua catatan, koreksi, rekomendasi, saran dan kritik yang membangun dari komisi di DPRD serta Banggar DPRD telah dirangkum dan akan menjadi materi koreksi dalam penyempurnaan KUA dan PPAS tahun anggaran 2019.

“Adapun catatan utama dari hasil pembahasan KUA dan PPAS tahun anggaran 2019 yaitu, pertama pemerintah perlu meningkatkan usaha dalam kaitanya dengan pendapatan asli daerah, kedua pemerintah perlu melakukan efisiensi dalam menyusun belanja daerah, dan ketiga pemerintah perlu untuk mengelola pembiyayaan daerah dengan seksama demi keseimbangan keuangan, ” sambungnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa rancangan APBD tahun 2019 disusun dengan pendekatan kinerja serta money follow program, yang berpedoman pada prinsip efektif,  efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan azas keadilan dan manfaat untuk masyarakat.

“Adapun isu-isu strategis yang akan menjadi tantangan pada pelaksanaan pembangunan daerah pada tahun 2019 ialah, pertama pelayanan publik, kedua insfrastruktur pemerintah daerah dan fasilitas umum, ketiga produktivitas pertanian dan perikanan, lalu yang ke-empat peningkatan kapasitas dan kualitas SDM masyarakat, ” terangnya.

Agus juga berharap, kepada semua pihak agar rancangan yang telah dibahas sebelumnya dapat menjadi catatan dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab supaya apa yang diharapkan oleh masyarakat dapat terwujud.

“Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, terima kasih kepada ketua dan anggota DPRD Pesibar yang telah mengagendakan rapat paripurna ini. Hal ini mencerminkan hubungan yang harmonis antara DPRD dan pemerintah kabupaten, ” pungkasnya.

Rapat tersebut juga turut dihadiri oleh wakil bupati, ketua dan anggota DPRD, unsur forkopimda lampung barat (Lambar) dan Pesibar, sekretaris daerah, pejabat tinggi pratama, pejabat administrator, tim ahli dan tim pakar DPRD dan segenap hadirin. (r7)