. . .

Bupati Pesibar Hadiri Rapat Koordinasi Pilpratin 2018

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR – Bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menghadiri rapat koordinasi pemantau pemilihan peratin (Pilpratin) kabupaten setempat tahun 2018 di Gedung Bbc, Pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (15/10).

Dalam sambutannya, Agus menyampaikan bahwa otonomi daerah telah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan urusan rumah tangga daerah berdasarkan atas prakarsa serta kemampuan daerah.

“Disamping itu pemerintah daerah juga berkewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi pekon bagi pekon-pekon yang berada diwilayahnya, sehingga dalam penyelenggaraan pemerintahan pekon dapat mencapai tujuannya, yakni peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat, “ujarnya.

Dijelaskannya, dalam menyelenggarakan otonomi pekon, merupakan sebagai wujud upaya mengatur dan mengurus rumah tangga pekon, maka pekon memiliki kewenangan yang telah ada sebagai hak asal usul pekon disamping kewenangan lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan.

“Meliputi pertama menetapkan peraturan pekon, kedua menyelenggarakan pemerintahan pekon, ketiga memiliki pimpinan pemerintah pekon, keempat memiliki kekayaaan pekon, kelima menggali dan menetapkan sumber-sumber pendapatan pekon, keenam memberdayakan masyarakat pekon untuk bergotong royong dan berpartisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan dan ketujuh mendamaikan perselisihan yang terjadi antar warga pekon, “terangnya.

Masih menurut dia, menyelenggarakan kewenangan pekon dimaksud maka dibutuhkan kepala pekon yang mampu dan memahami kebutuhan pekon serta masyarakatnya. Adapun proses pemilihan kepala pekon telah diatur dalam peraturan perundang-undangan dengan mekanisme serta persyaratan tertentu yang nantinya bisa mampu memunculkan kepala pekon yang mendapat dukungan oleh sebagian besar dari masyarakat pekonnya.

“Didalam menjalankan kepemerintahan pekon, kepala pekon mengemban amanat yang berat dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan pekon, maka dari itu kepala pekon Pilpratin harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks serta mampu menempatkan diri di atas semua kepentingan masyarakat pekon, demi membangun serta memajukan pekon dan warganya,”imbuhnya.

Selain itu, Agus juga mengajak saudara-saudara marilah kita bersama-sama untuk menyukseskan pemilihan peratin ini serta menjaga dan memelihara keamanan dan kenyamanan agar dalam proses pemilihan peratin sesuai dengan apa yang kita harapkan.

“Demikianlah beberapa yang dapat saya sampaikan, semoga allah subhana wataalla selalu meridhoi upaya kita untuk memajukan kabupaten sai batin dan para ulama ini. Dengan mengucap “bismillahirrohmanirrohim” acara rapat koordinasi pemantau pemilihan peratin kabupaten pesisir barat tahun 2018, secara resmi saya nyatakan dibuka, “tandasnya. (r7)