. . .

Bupati Pesibar Hadiri Acara Semarak Pulau Pisang 2018

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESISIR BARAT – Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, SH. MH, menghadiri acara pembukaan Semarak Pulau Pisang tahun 2018. Di Pekon Pasar Pulau Pisang, Kecamatan Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Selasa (7/8).

Dalam mengawali sambutanya, Agus menyampaikan bahwa penyelenggaraan Semarak Pulau Pisang Kabupaten Pesibar merupakan salah satu upaya dalam melestarikan, mengembangkan serta memperkenalkan kekayaan di Kabupaten Negeri Para Sai Batin dan para ulama keruang lingkup yang lebih luas. Dan juga sebagai media untuk menunjukan kemampuan dalam mengembangkan kreativitas.

“Dengan upaya tersebut, diharapkan kekayaan alam dan budaya yang ada di Kabupaten Pesibar khususnya yang ada di Pulau Pisang ini akan terus eksis dan berkembang ditengah gempuran budaya dari mancanegara, ” ujarnya.

Agus juga menambahkan, pentingnya event Semarak Pulau Pisang dalam pelestarian dan pengembangan seni budaya lokal serta sebagai media untuk menampilkan kreatifitas serta mengenalkan budaya yang ada di Kabupaten Pesibar.

“Saya mengharapkan agar segenap masyarakat menunjukan kreativitas dan inovasi, dengan terus berkarya maka seni budaya yang menjadi jati diri masyarakat Kabupaten Pesibar dapat terus eksis ditengah kemajuan masyarakat global saat ini, ” imbuhnya.

Masih menurut, Agus Semarak Pulau Pisang juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan refleksi dari seluruh kegiatan masyarakat dalam berbudaya dengan lebih baik lagi. Serta akan semakin memperkuat eksistensi para seniman dimasyarakat.

“Kesenian bukan hanya milik seniman atau pelaku seni semata, namun juga milik masyarakat. Ini justru perbedaan yang menjadi kekayaan khasanah seni budaya Pesibar, sehingga masyarakat merasa tergerak untuk memberikan apresiasi dengan datang ketempat penyelenggaraan digelar, ” sambungnya.

Agus juga berharap, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pesibar agar terus berkarya dan berinovasi guna melestarikan budaya yang ada.

“Diharapkan kekayaan alam dan budaya di Kabupaten Pesibar jangan sampai tenggelam dibawah dominasi budaya dan kesenian asing dan patut untuk kita lestarikan, ” pungkasnya.

Acara tersebut juga turut dihadiri oleh, menteri pariwisata RI, menteri PDT RI, Gubernur Lampung, walikota-bupati se-provinsi Lampung, wakil bupati Pesibar, DPRD Pesibar, unsur forkopimda Lampung Barat (Lambar)-Pesibar, pejabat pemerintah Kabupaten Pesibar, camat, lurah-pratin se-kabupaten Pesibar serta masyarakat. (r7)

error: Content is protected !!