. . .

Bupati Pesibar Hadiri Acara Pembukaan KUAT Tahun 2018

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR – Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal menghadiri acara peresmian pembukaan expose pengelolaan kawasan usaha agroindustri terpadu (KUAT) tahun 2018 di ruang batu gughi, Rabu (29/8).

Dalam sambutanya, Agus menyampaikan bahwa pembangunan dibidang ekonomi menghadapi berbagai tantangan, baik dari dalam daerah itu sendiri maupun faktor eksternal lainya, seperti masalah kesenjangan dan isu globalisasi.

“Kesenjangan dan globalisasi berimplikasi pada propinsi dan kabupaten. Dalam rangka melaksanakan percepatan pembangunan dibidang ekonomi secara terfokus melalui pengembangan kawasan dan produk andalannya, ” ujarnya.

Masih menurut dia, percepatan pembangunan daerah bertujuan agar suatu daerah tidak tertinggal dalam persaingan pasar bebas, seraya tetap memperhatikan masalah pengurangan kesenjangan.

“Karena itu seluruh pelaku memiliki peran dalam mengisi pembangunan dibidang ekonomi dan harus mampu bekerjasama melalui bentuk pengelolaan keterkaitan antar sektor, antar program, antar pelaku dan antar daerah, ” imbuhnya.

Agus juga menjelaskan, bahwa pengembangan wilayah berbasis komoditas unggulan dapat memacu pertumbuhan suatu wilayah yang pada akhirnya dapat meningkatkan penghasilan masyarakat.

“Salah satu model pengembangan wilayah berbasis komoditas saat ini yang sedang dikembangkan oleh beberapa wilayah adalah komoditas kelapa, seperti kabupaten Pesibar dengan program KUAT berbasis komoditas kelapa, ” terangnya.

Agus juga berharap, agar program KUAT dapat menghasilkan efek berganda bagi pelaku program dan masyarakat.

“Semoga dengan adanya program ini dapat menumbuhkan industri kecil menengah (IKM) yang terintegrasi juga meningkatkan nilai tambah dan daya saing sehingga bisa menambah kesejahteraan masyarakat, ” pungkasnya.

Acara tersebut juga turut dihadiri oleh wakil bupati, ketua dan anggota DPRD, unsur forkopimda lampung barat (Lambar) dan Pesibar, sekretaris daerah, pejabat tinggi pratama dan administrator, perwakilan PT tjong tujuh bersaudara dan segenap hadirin. (r7)