. . .

Bupati Pesibar Hadiri Acara Maulid Nabi Tahun 1440 H di Lapangan Mardeka

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR – Bupati Agus Istiqlal menghadiri acara peringatan maulid nabi, Muhammad salalohualaihiwasalam (SAW) tahun 1440 H di Lapangan Mardeka, Labuhan Jukung, kecamatan setempat, Rabu (21/11).

Dalam sambutannya, Agus menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Pesibar dirinya mengucapkan terima kasih atas kehadiran kita semua yang telah meringankan langkah kaki dan mengihlaskan hati untuk hadir pada acara peringatan kelahiran nabi junjungan semesta alam.

” Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa peringatan maulid nabi Muhammad SAW pada hakekatnya merupakan wujud penghormatan yang dalam kepada nabi junjungan umat islam, beliau bukan saja seorang nabi dan seorang rasul allah, tetapi juga pemimpin umat manusia,”ujarnya dalam sambutannya.

Diterangkannya, dalam ajaran islam yang beliau sampaikan telah mengubah wajah dunia dan peradaban ke arah yang lebih baik, lebih manusiawi dan beradab dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya. Bagi kaum muslimin, nabi Muhammad SAW diyakini sebagai contoh dan teladan yang terbaik bagi umat manusia. Mengingat pada diri beliau terpancar kecerdasan yang luar biasa, kepribadian yang agung, akhlak yang mulia, dan kepemimpinan yang tegas dan bijaksana.

“Beliaupun berjuang untuk menegakan akhlak yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan umat manusia, selain itu beliau juga berjuang untuk menciptakan tatanan masyarakat yang adil, aman, damai dan sejahtera. Perjuangan itu dilakukan lebih kurang 13 tahun di Mekah, dan 10 tahun di Madinah,”terangnya.

Masih menurut orang nomor satu di Pesibar tersebut, selain hal diatas tersebut tidak sedikit para sejarawan yang menyimpulkan bahwa madinah di zaman nabi adalah gambaran ideal sebuah masyarakat yang dikehendaki oleh ajaran agama Islam, tentu sesuai dengan perkembangan dan keadaan pada zamannya.

” Makna peringatan maulid nabi, sesungguhnya adalah untuk meneladani setiap pikiran, ucapan, dan tindakan nabi Muhammad SAW, yang patut kita teladani baik dari segi pemikiran rosullallah yang cerdas dan jernih, ucapan yang santun dan lembut. Seperti tindakan yang arif dan bijaksana serta memegang teguh kejujuran dalam setiap langkah dan ucapannya, “ucapnya.

Agus juga, mengajak kepada aparatur pemerintah agar selalu mencontoh akhlaq nabi dalam setiap gerak dan langkah kita. Terutama dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kita selaku aparatur pemerintah dan pelayan masyarakat.

“Saya berharap peringatan maulid nabi kali ini, mampu memotivasi diri kita untuk memperbaiki pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat. Terlebih lagi saat ini, masyarakat kita sudah semakin kritis akan kebijakan dan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah kabupaten pesisir barat, insyaallah, kita dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang berada di kabupaten negri sai batin dan para ulama ini, sehingga akan semakin terwujud, masyarakat Pesibar yang mandiri, madani dan sejahtera,” tandasnya. (r7)