. . .

Bupati Parosil Mabsus Hadiri Sertijab Camat Air Hitam

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNG BARAT – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menghadiri serah terima jabatan camat di Kecamatan Air Hitam, Senin (13/8).

Acara tersebut di hadiri oleh Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom, Anggota DPRD Lambar, Kepala OPD Lambar, Unsur Forkompinda, Unsur Muspida, Tokoh agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah, kami ucapkan selamat atas pelantikan saudara Domi Nofalisa UF, S.Stp.,sebagai Camat Air Hitam. Pengangkatan sebagai camat ini merupakan amanah dan kehormatan dari pemerintah yang harus dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab, sebagaimana sumpah jabatan yang telah diucapkan. Karena sebagai seorang ASN, harus siap ditempatkan dalam medan tugas dimanapun juga.

“Amanah yang diberikan kepada saudara akan dapat terlaksana dengan baik apabila saudara memiliki kompetensi dan integritas diri yang baik. jabatan yang saudara emban ini merupakan kepercayaan pimpinan terhadap seorang ASN, dengan berbagai pertimbangan yang matang dan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Kemudian sebagai seorang pimpinan wilayah (camat), saudara tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan hal-hal administrasi saja, tapi camat juga harus mampu menyerap berbagai aspirasi masyarakat serta mampu memberikan solusi dari berbagai permasalahan di masyarakat. Dengan demikian Camat harus peka terhadap permasalahan yang timbul dimasyarakat. Hal ini bisa dilakukan bila seorang camat rajin

turun ke bawah, membaur dengan berbagai lapisan masyarakat, sehingga seorang camat mampu menguasai kondisi wilayahnya.

“Dengan cara itu, Insya Allah berbagai tugas saudara akan lebih mudah dilaksanakan,” ucapnya.

Selanjutnya camat harus melakukan koordinasi dan pengawasan kepada peratin di pekon-pekon yang menjadi wilayah saudara terkait dalam pelaksanaan anggaran dana pekon (ADP), karena hal ini menjadi titik fokus pemerintah pusat dalam prioritas pembangunan di pekon-pekon. Kemudian apabila terdapat permasalahan yang ada di wilayahnya, apalagi terkait satu dengan yang lain, maka hendaknya dapat diatasi terlebih dahulu dan diselesaikan melalui koordinasi yang baik dan segera lakukan evaluasi pada tingkat bawah bersama staf.

”Dengan kepada saudara camat agar mampu menciptakan kondisi yang kondusif di lampung barat ini, terutama di kecamatan air hitam ini yang dimulai dengan menciptakan suasana kerja yang kondusif, dengan mengembangkan sikap dan budaya kerja yang saling asih, saling asah dan saling asuh dengan lingkungan internal dan lingkungan eksternal unit kerjanya,” tutupnya. (rls)