Bupati Lamtim akan tegur pabrik singkong

0
505
views

TransLampung.com

Bumi agung-bupati Lampung timur Chusnunia chalim di dampingin oleh kepala dinas pekerjaan umum Lampung Timur, para asisten dan pejabat eselon lain nya melaksanakan musrenbang di kecamatan Bumi Agung tepatnya di balai desa Nyampir, turut hadir juga Kapolsek Bumi Agung Danramil Bumi Agung juga Camat Bumi Agung sebagai tuan rumah.

Dalam pidatonya Bupati Lampung Timur mengatakan bahwa perencanaan pembangunan di Lampung Timur untuk tahun 2017 ini lebih di perioritaskan ke infastruktur karena banyaknya pengaduan dari masyarakat tentang kondisi jalan yang rusak parah, tapi juga kata Bupati harap di maklumi apabila seluruhnya tidak dapat terpenuhin semua nya mengingat anggaran di Lampung Timur terutama dari PAD (pendapatan asli daerah) sangat-sangatlah kecil persentase nya, Jadi kita lebih banyak harapkan bantuan dari pusat. Tahun kemarin saja (2016) anggaran dari Dinas PU untuk pembangunan di Lampung Timur terserap hampir 400 Miliar rupiah, mudah-mudahan di tahun ini bisa lebih.

Dalam kesempatan itu pula Bupati Lampung Timur mewacanakan akan mengadakan festival budaya Lampung di Jerman. Berkaitan dengan itu Bupati juga merencanakan akan mengadakan lomba pidato berbahasa Lampung tingkat SD sampai dengat tingkat SLTA

Pada sesi ketiga yaitu tanya jawab Bupati mendengarkan keluh kesah dan permohonan dari beberapa Kepala desa yang ada di Bumi Agung. Kepala desa Donomulyo memohon bantuan kepada Bupati Lampung Timur untuk membantu warganya petani ikan yang terkena musibah banjir, karena terjangan banjir kemarin (21/2) petani ikan merugi hingga puluhan juta rupiah karena ikan yang siap panen sebanyak tujuh ribu ekor tersapu air.

Kemudiam kepala desa Donomulyo juga mempertanyakan tidak stabilnya harga singkong di pabrik-pabrik yang ada di Lampung Timur Kisaran harga 600-650 rupiah/kg dengan potongan 30%.

Untuk masalah petani ikan Bupati akan berkoordinasi dengan Dinas-dinas terkait, sedangkan untuk harga singkong Bupati Lampung Timur dengan tegas mengatakan bahwa apabila ada pengusaha pabrik singkong di Lampung Timur yang bermain-main dengan harga melanggar kesepakatan (MOU) dengan Pemda Lampung Timur maka Bupati dan jajaran akan menegur keras pengusaha pabrik singkong tersebut. Janganlah berinvestasi di Lampung Timur hanya mengejar keuntungan tanpa memikirkan nasib petani singkong. Bupati Lampung Timur pun sangat mengerti dengan menurun nya harga minyak dunia mempengaruhi produksi dan harga singkong secara keseluruhan.

Sementara Kepala desa Nyampir meminta bantuan agar dapat membuat tanggul di lehan agar tidak terjadi banjir?

Acara ditutup dengan menyanyikan lagu “Padamu Negeri”. Sebelum meninggalkan balai desa Nyampir Bupati Lampung Timur menyempatkan diri untuk menanam pohon mangga di halaman balai desa, begitu juga dengan Camat Bumi Agung menanam pohon kelengkeng di lanjutkan dengan Dewan pimpinan rakyat PKB  menanam pohon jambu jamaika.