Bupati Harap Musrenbang RKPD Sukseskan Pembangunan

TRANSLAMPUNG.COM, PESISIR BARAT – Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrembang-RKPD) ditingkat kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) di aula Kecamatan Lemong, senin (12/2).

Dalam sambutannya, Agus mengatakan pelaksanaan Musrenbang ini merupakan salah satu amanat dari undang-undang nomor 25 tahun 2004 dan Permendagri nomor 86 tahun 2017.

“Musrenbang RKPD Kabupaten di tingkat Kecamatan pada dasarnya adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari pelaksanaan Musrenbang di tingkat  pekon,” ujarnya.

Adapun hasil rekapitulasi dalam bentuk daftar usulan dari pelaksanaan Musrenbang Pekon tersebut harus menjadi dasar dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten ditingkat Kecamatan ini, sehingga tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan daerah.

“Musrenbang RKPD bertujuan untuk mendapatkan masukan awal rencana kerja dari masing-masing OPD yaitu berupa daftar usulan dari pekon yang akan disepakati bersama, sehingga menjadi daftar usulan dari kecamatan. Diperlukan pemahaman kita bersama bahwa daftar usulan tersebut harus melalui proses verifikasi oleh masing-masing camat, dengan demikian diharapkan usulan dari masing-masing pekon telah melalui proses Musrenbang RKP pekon,” jelasnya.

Melalui Musrenbang RKPD tersebut, diharapkan terjadinya sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan di kecamatan dengan prioritas pembangunan Kabupaten di Kecamatan melalui renja OPD sebagai instansi teknis pelaksana program/kegiatan di daerah merupakan suatu hal yang mutlak.

“Sehingga dalam hal ini pemerintah sebagai fasilitator dan regulator akan terus berupaya memonitor pelaksanaan penggunaan Dana Desa (DD) ini. Dan diharapkan dapat meringankan beban ekonomi masyrakat yang ada di masing-masing Pekon yang ada di Pesibar,” pungkasnya. (r7/hkw)

News Reporter