Bupati Berikan Kulintang

TRANSLAMPUNG.COM, KOTABUMI-Perhatian Bupati Agung Ilmu Mangkunegara terhadap kelestarian adat Lampung, patut dibanggakan, itu dilihat saat Bupati Agung memberikan alat bantuan tradisional kulintang untuk masyarakat di Kecamatan Abung Timur, Senin (6/3).

Acara yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Abung Timur tersebut dihadiri oleh para kepala SKPD, Anggota DPRD Kabupaten Lampura, serta Tokoh Agama, Tokoh Adat serta Tokoh Masyarakat di Kecamatan Abung Timur.

Agung mengatakan, semoga dengan penyerahan satu set alat kulintang ini lebih dapat lebih melestarikan budaya adat lampung.

Dikatakannya lagi pembangunan yang merata terus dilakukan pemerintah, dari perbaikan jalan atau program gratis lainnya, tetapi pembangunan yang baik adalah pembangunan yang terjadi dalam pola pikir masyarakat.

Dengan kemajuan teknologi saat ini banyak anak-anak muda mulai meninggalkan tradisi adat kebudayaan. Sehingga hanya sedikit orang yang masih mencintai adat kebudayaan. karna saya mengajak kita semua untuk melestarikan adat budaya lampung.

Karena seni budaya merupakan ciri khas daerah yang harus dibudayakan, sehingga jika tidak dilestarikan dan tidak dijaga, maka seni budaya daerah ini akan diambil oleh daerah lain maupun bahkan negara lain.

“Mudah mudahan dengan Alat Seni Kulintang ini dapat semakin melestarikan kesenian tradisional budaya Lampung, khususnya Lampura,” katanya.

Selain itu dapat menumbuhkan kembali rasa cinta masyarakat terhadap musik tradisional Lampung. Maka dari itu, perlunya menumbuhkan kesadaran akan pentingnya budaya lokal karna itu sudah menjadi kewajiban setiap lapisan masyarakat, dalam mewarisi kebudaya lokal agar tetap terjaga.

“Dengan diserahkannya peralatan seni kulintang pada hari ini, dapat membantu menumbuhkan kesadaran kita semua akan pentingnya menjaga adat budaya seni daerah, sehingga kedepannya Provinsi Lampung, khususnya Lampura dapat lebih terasa nilai budaya dan nuansa tradisionalnya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Taslim Toha Gelar Ratu Migo, yang selaku tokoh masyarakat Kecamatan Abung Timur, menyampaikan terima kasih, kepada Bapak Bupati, semoga alat kulintang ini dapat berguna untuk masyarakat yang ada di Kecamatan Abung Timur.

Karena alat ini sangat bermamfaat bagi masyarakat Abung Timur, Khususnya bagi pemuda-pemudi agar dapat lebih menekuni dan mempelajari cara menabuhkan alat musik kulintang tersebut.

“Karena Kulintang itu jika tidak ada yang menabuhnya maka tidak akan berbunyi,” ujar katanya.(eka)

News Reporter