. . .

Bupati, Agus Kawal Pemasangan Jaringan Listrik Bawah Laut

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESISIR BARAT – Bupati, Agus Istiqlal menghadiri peresmian pemasangan jaringan listrik PT. Perusahaan Listrik Negara Persero (PLN) jalur Pekon Tembakak-Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) tahun 2018, di Kecamatan Karya Penggawa, Jumat (13/7).

Dalam sambutannya,  Agus menyampaikan berdasarkan undang-undang no 17 tahun 2018 pelayaran, peraturan pemerintah no 5 tahun 2010 tentang kenavigasian, peraturan pemerintah no 68 tahun 2014 tentang penataan wilayah pertahanan negara,  peraturan mentri perhubungan no pm 71 tahun 2013 tentang usaha penyelamatan (Salvage) dan pekerjaan bawah air sebagai mana telah diubah dengan peraturan mentri perhubungan no pm 129 tahun 2016 tentang alur pelayaran di laut dan bangunan atau instalasi di perairan.

“Pebangunan satu jalur saluran kabel 20KV bawah laut tegangan menengah dari pekon tembakak ke pulau pisang milik PT. PLN persero wilayah lampung sepanjang kurang lebih 2,6 meter dan luas penampang core dikali 70mm kubik yaitu dalam rangka mewujutkan penyediaan listrik untuk masyarakat Pulpis,” ujarnya.

Selain itu juga, Agus mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT. PLN persero distribusi Lampung yang telah mewujutkan impian masyarakat Pesibar khususnya masyarakat Pulpis atas dimulainya pembangun listrik jalur bawah laut dari pekon tembakak ke pulau pisang.

“Kepada camat Pulpis untuk dapat memberi pengarahan kepada warganya untuk tidak menjual aset tanah dan sebagainya, sehingga masyarakat Pesibar bisa lebih mandiri. Dan juga, kedepannya bisa di mamfaatkan jangka panjang dan dicarikan bentuk kerja sama yang bisa saling menguntungkan dan aset yang dimiliki bisa menghasilkan tanpa harus menjual aset. Kepada masyarakat mari kita untuk bersama-sama menjaga kabel listrik yang ditanamkan di dasar laut tersebut, sehingga bisa awet dan bertahan lama dengan cara tidak menggali dan membuang jangkar di area pemasangan kabel bawah laut tersebut,” tandasnya.

Ditempat yang sama tokoh masyarakat Pulpis, Pardi AS menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Agus yang telah memimpin Kabupaten ini lebih maju dan mengabulkan doa yang telah sekian lama mengimpikan penerangan di Kecamatan Pulau Pisang.

“Dan alhamdulillah baru dua tahun menjabat sebagai bupati depinitif sudah bisa mengabulkan  doa kami, dan alhamdulillah tinggal menunggu hari lagi masyarakat Pesibar khususnya masyarakat Pulpis akan terbebas dari kegelapan dan akan terang benerang sebagai mana masyarakat lainnya,” ucapnya.

Di konfirmasi pelaksana proyek, Bambang Haryadi mengatakan target pemasangan kabel jalur bawah laut tersebut awal bulan agustus sudah bisa dinikmati hingga ke pulau pisang.

“Mengingat sebagian kabel tersebut sudah ada yang kita mulai pasang dan tingggal melanjutkannya lagi. Target untuk pemasangan tersebut sekiranya 19 hari mulai terhitung dari hari esok,  yang nantinya akan kita tanamkan di kedalaman 16-17 meter di dasar laut penghubung pekon tembakak dan Pulpis,” pungkasnya.  (r7/hkw)