Bupati Agus Istiqlal: Kembangkan Potensi Jadi Daya Tarik Wisatawan

0
83
views

Peresmian Semarak Pulau Pisang

TRANSLAMPUNG.COM, PESISIR BARAT- Bupati, Agus Istiqlal, Resmi mebuka Acara Semarak Pulau Pisang Tahun 2017,  Dengan Di Tandai Pemukulan Gong, Di Pekon (Desa) Pasar, Kecamatan Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar).

Dalam Sambutantanya, Agus Menuturkan Bahwasanya kegiatan semarak pulau pisang merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan potensi  wisata yang ada di kabupaten pesibar, khususnya potensi wisata yang ada di pulau pisang. “Perlu saya jelaskan bahwa betapa banyak potensi wisata dan budaya di pulau pisang yang bisa dikembangkan sehingga akan menjadi daya tarik para wisatawan Lokal Baik Mancanegara,” ujarnya.

untuk diketahui bahwa pariwisata bukan hanya keindahan alam saja, Melainkan berbagai pengalaman yang telah dialami para wisatawan ketika berkunjung di suatu daerah merupakan objek pariwisata. dengan demikian, maka kearifan lokal merupakan salah satu elemen pariwisata yang dapat menentukan baik atau tidaknya objek pariwisata di mata para wisatawan lokal maupun manca negara.

berkaitan dengan hal tersebut, maka upaya kita untuk menjaga kearifan lokal jauh lebih penting dari pada memiliki bangunan megah tanpa melestarikan kearifan lokal. hal itu perlu menjadi perhatian serius bagi semua kalangan karena apabila  kita kehilangan budaya dan kebiasaan yang menjadi ciri khas dari masyarakat kita, maka kita akan kehilangan karakteristik daerah kita.

untuk itu melalui event semarak pulau pisang ini, berbagai potensi seni budaya dan kearifan lokal yang selama ini menjadi akar tradisi bagi kehidupan yang harmonis, rukun dan damai akan terus dibina, dirawat, direvitalisasi dan ditumbuh kembangkan. dengan demikian, maka kita bisa menunjukkan jati diri Kabupaten Pesibar yang memiliki adab, adat, agama dan kebudayaan ditengah-tengah perkembangan dunia modern sekarang ini. berbagai tradisi masyarakat yang ada di pulau pisang ini, seperti manah iwa dan menenun kain tapis kita ikutsertakan dalam event semarak pulau pisang pada tahun ini sehingga akan menjadi daya tarik para wisatawan lokal dan Manca Negara pada masa yang akan datang.

Pada Event kali ini, lomba langui (renang) yang starnya dari dermaga tembakak dan Finis dipulau pisang ini merepresentasikan bahwa betapa gigihnya nenek moyang kita dahulu dalam mengarungi samudra yang terbentang luas ini. kegiatan ini merupakan kegiatan yang sudah biasa bagi para penduduk pulau pisang yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. partisipasi aktif dari masyarakat merupakan kunci dalam setiap penyelenggaraan Event kegiatan, begitu pula dengan event penyelenggaraan semarak pulau pisang tahun 2017 ini.

Ia juga berharap,  kepada segenap masyarakat di Kabupaten Pesibar, untuk bersama-sama berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan ini. ” kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan semarak pulau pisang ini, semoga dengan kerjasama yang baik kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses, “Pintanya.

khusus kepada para pengunjung saya ucapkan selamat menikmati kegiatan ini, dan kepada semua masyarakat pulau pisang untuk dapat berpartisiapsi aktif, sehingga dapat menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang sengaja hadir untuk memeriahkan Event ini. mari kita bersama-sama meningkatkan partisipasi dalam rangka menyukseskan pembangunan pulau pisang kedepannya.  “kepada semua peserta lomba pada ajang semarak pulau pisang tahun 2017 ini, kami ucapkan selamat berlomba dan selamat menikmati pesona seni Budaya Pulau Pisang  Kabupaten Pesibar ini, “Tandasnya.

 

Turut Hadir Dalam Acara tersebut Di antaranya, Saudari wakil bupati pesisir barat;

ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Pesibar,

Unsur Forkopimda Kabupaten Pesibar dan Kabupaten Lampung Barat (Lambar)

Saudara Sekretaris Daerah  (Sekda) serta para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemkab Pesibar.

Ketua Team Penggerak PKK  Atau Dharma Wanita Gabungan Organisasi wanita Pesibar.

Pimpinan  BUMN, BUMD, PHRI Serta Agen-agen yang tergabung dalam asita.

Para Pemerhati Seni dan Budhaya arau pelaku pariwisata, Blogger-Blogger,

Tokoh agama , Tokoh Masyarakat, Toko Adat. (adv)