Bupati Adipati Sebut Perawat Aset Yang Sangat Berharga

TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU –

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya bersilaturahmi dengan DPD Perasatuan Perawat Nasional Indonesia Kabupaten Way Kanan dan Forum Komunikasi Honor dan TKS Perawat Way Kanan di Aula Dinas PMK setempat, Kams (11/01).

Dalam sambutannya Bupati Adipati mengatakan, Perawat merupakan aset yang sangat berharga untuk menunjang pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat, sehingga harus disadari bersama bahwa kesejahteraan perawat Way Kanan juga harus menjadi perhatian penting bagi Pemerintah Daerah terutama yang masih berstatus sebagai Tenaga Honorer ataupun tenaga sukarela yang ada di RSUD Zainal Abidin Pagar Alam maupun disetiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Way Kanan.

“Oleh sebab itu Kedepan kita akan membuat  regulasi dan kebijakan yang mendukung kesejahteraan perawat honor atau TKS melalui SKPD terkait dan mencoba mengkalkulasi kebutuhan penunjang atau insentif TKS dan Honor Perawat, dengan instansi terkait.

Dinas Kesehatan selaku Pembina dan Fasilitator Pemerintah Bidang Kesehatan, saya minta untuk membuat draf Analisis Kebutuhan Perawat dan Analisis Beban Kerja Perawat Honor dan TKS yang ada di Puskesmas dan RSUD Zainal Abidin Pagar Alam guna menyusun perencanaan kesejahteraan perawat honor dan TKS, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan berkoordinasi dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Way Kanan,” terang Bupati.

Lebih lanjut Bupati memaparkan, untuk pengangkatan Perawat menjadi Pegawai Tidak Tetap (PTT) Daerah, maka perlu dimusyawarahkan dan disusun Drafnya melalui Instansi terkait dan apabila memungkinkan kita bisa mengangkat Perawat honor dan TKS yang ada untuk diangkat menjadi PTT daerah seperti Tenaga Kesehatan lainnya. Pengangkatan PNS atau ASN saat ini merupakan kebijakan Pemerintah Pusat sehingga Pemerintah Daerah hanya dapat menunggu informasi dan formasi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat.

“tentunya Saudari-saudari harus bersabar  dan menunggu serta tetap dalam pengabdian. Kepada Saudari-saudari yang telah dengan sepenuh hati mengabdi selama bertahun-tahun dengan kinerja dan prestasi yang baik tentu akan menjadi prioritas utama dalam pengangkatan PNS atau ASN, dan akan saya pastikan tidak ada pungutan liar didalamnya.

Kepada para Perawat Saya berpesan teruslah mengabdi untuk melayani masyarakat, jangan berkecil hati, selangkah demi selangkah Pemerintah Kabupaten Way Kanan akan terus bergerak membangun dan memperhatikan kesejahteraan Pegawainya termasuk Perawat Honor dan TKS yang ada,” imbuhnya. (Yudi)

News Reporter