. . .

Bupati Adipati Buka Diklat TRC Bencana Kabupaten Waykanan

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya membuka secara langsung pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRC) Bencana, sekaligus menghadiri Halal bi halal dan temu kangen Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kecamatan tahun 2018 di halaman kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kabupaten Way Kanan, Rabu (18/7).

Dalam pidatonya Bupati Raden Adipati Surya mengatakan, untuk mengatasi berbagai bencana kabupaten Waykanan terus berupaya meningkatkan kemampuan dibidang penanggulangan bencana. Bencana, baik yang diakibatkan oleh alam, seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, maupun oleh kecerobohan dan kerakusan manusia, seperti peperangan, gejolak sosial, kebakaran, kecelakaan industri yang waktunya dapat berlangsung singkat tetapi juga dapat berlangsung dalam waktu yang panjang.

Menurut Bupati Adipati, Penanggulangan bencana adalah suatu proses yang dinamis, berlanjut dan terpadu untuk meningkatkan kualitas langkah-langkah yang berhubungan dengan observasi dan analisis serta pencegahan, penjinakan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, rehalibitasi dan rekonstruksi yang diakibatkan oleh bencana.

“Oleh karena itu, melalui pendidikan dan pelatihan Tim Rekasi Cemat (TRC) ini diharapkan akan semakin meningkatkan kemampuan para satgas penanggulangan bencana dalam menjalankan tugasnya di lapangan. sehingga penanganan terhadap bencana dapat lebih cepat, tepat dan dapat meminimalisasi kerugian yang ditimbulkan oleh bencana,” terangnya.

Lebih jauh Bupati menjelaskan, kebijakan penanggulangan bencana memberikan prioritas tinggi pada peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat, serta jajaran pemerintah, terutama di daerah rawan bencana.

“Kemampuan petugas dan masyarakat untuk pencarian dan penyelamatan, pemberian pengobatan serta perawatan korban ditingkatkan, baik dalam kecepatan maupun ketepatan waktu penyelamatan dengan dukungan peralatan yang memadai,” papar Bupati lagi. (yudi)