Warning: mysqli_real_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50553 Library:100131 in /var/www/vhosts/translampung.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1531 BUMT Tubaba Dikucur APBD 1 Miliar -
BUMT Tubaba Dikucur APBD 1 Miliar

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN – Program Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT) Mandiri ‎yang bergerak dalam usahan pembibitan juga pembesaran ayam kampung unggul di Kabupaten Tulangabawang Barat (Tubaba) tahun 2018 mendapat kucuran dana melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp1 miliar.

Hal tersebut diungkapkan ‎Bupati Umar Ahmad dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dalam rangaka laporan pertanggungjawaban dan evaluasi program usaha serta evaluasi manajemen organisasi di Balai Tiyuh Penumangan Baru, Senin lalu (19/2) dengan dihadiri 50 Kepala Tiyuh dari 93 Kepala Tiyuh Se-Kabupaten.

Menurut Bupati, pihaknya sangat ‎mengapresiasi penuh terhadap usaha BUMT yang dibentuk pada akhir tahun 2015 dan dijalankan sejak awal tahun 2016 hingga saat ini.

Selain itu, dia juga berencana dalam tahun 2018 akan membuat program pemberdayaan masyarakat dengan membeli ayam kampung untuk para peternak di Kabupaten Tubaba dalam jumlah yang cukup banyak yakni mencapai 50 ribu ekor yang akan dianggarkan melalui APBD Tahun 2018.

“Dengan optimisnya saya, kami dari pemerintah Kabupaten akan membuat program pemberdayaan masyarakat dengan memberikan bibit ayam umur 1 minggu kepada masyarakat yang memang ahli beternak. Kami akan menganggarkan untuk membeli ayam kampung dan ditebar ke masyarakat, tentunya bukan hanya dari BUMT melainkan dari pengusaha lainnya juga sesuai prosedur, artinya usaha ini akan berkembang di Tubaba, sehingga seluruh masyarakat luar akan ke Kabupaten Tubaba untuk mencari bibit dan ayam konsumsi yang kita kembangkan,” kata Bupati dalam sambutanya.

‎sementara itu hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Tiyuh (BPMPT) Kabupaten Tubaba, Eri budi santoso. Tahun 2018 ini Pemkab Tubaba akan memberikan dukungan dana sebesar Rp1 miliar terhadap BUMT Mandiri.

“Dana 1 miliar itu akan digunakan untuk pembelian bibit ayam, umur 7 hari. Sementara diketahui, bibit ayan umuran satu hari itu seharga Rp7.500, nantinya bibit ayam tersebut akan dibagikan kepada warga se-Kabupaten dengan masing-masing penerima mulai dari 5 ekor bibit ayam hingga 10 ekor. Pastinya dana tersebut tidak dapat dipastikan mendapat bibit ayam 50 ribu,” imbuhnya (dir/hkw)

News Reporter