. . .

Bumi Baru Jadi Duta kabupaten Waykanan pada Lomba Bulan Bhakti Gotong royong Propinsi Lampung ke-15

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Alasan Kampung Bumi Baru menjadi Duta kabupaten Waykanan pada Lomba Bulan Bhakti Gotong royong Propinsi Lampung ke-15, selain dalam kehidupan sehari-hari masih menghidupkan dan melestarikan dan melaksanakan gotong royong, juga memiliki inovasi, baik dalam bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya,  agama serta bidang lingkungan hidup. Hal itu dikatakan Kepala Kampung Bumi Baru Abdullah Candra Kurniawan saat memberikan laporan pada acara pembukaan Penilaian lomba Bulan Bhakti Gotong royong Provinsi Lampung  ke 15, di halaman Balai kampung Bumi Baru kecamatan Blambangan Umpu, Kamis (12/4).

Menurut Candra, dalam pelaksanaan lomba Bulan Gotong royong Masyarakat ke-15, ada empat bidang yang dinilai. Pertama bidang kemasyarakatan, kedua bidang ekonomi,  ketiga bidang sosial,  budaya dan agama, dan yang keempat bidang lingkungan.

“Dibidang kemasyarakatan Bumi Baru memiliki program inovasi yakni Si Jamal (Aksi Jaga Malam) dan Gempita (Gerakan Jimpitan Warga). Dibidang ekonomi kami memiliki program koperasi dan UKM,  BumDes pengelolaan pasar kampung dan kedai pedas. Pada bidang sosial, budaya dan agama kami memiliki beberapa program inovasi diantaranya Gedor Pay (Gerakan Iva Test dan observasi Kanker Payudara), Nuwa Curhat (salah satu terobosan Ketua Tim Penggerak PKK kampung Bumi Baru untuk menghindari terjadinya KDRT dan kekerasan pada anak), Gemas (Gerakan Menabung Amal Soleh), Bumi Baru Mengaji dan Bugar Bersama. Sementara dibidang Lingkungan kami juga memiliki program inovasi yang kami beri nama Gawi Sikam (Gerakan Antar Warga Instenaifkan sanitasi kakus masyarakat) dan Program  Bersih bisa kok,” papar Candra.

 

Dalam kesempatan itu juga, Kepala kampung yang dikenal dekat dengan insan pers ini berharap kepada tim penilai lomba Bulan Bhakti Gotong royong Propinsi Lampung ke-15, agar kiranya program unggulan dan inovasi kampung Bumi Baru dapat dijadikan salah satu kriteria yang masuk dalam penilaian.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Waykanan Edward Anthoni, Anggota DPRD kabupaten Waykanan Hendra, Tim Penilai lomba Bulan Bhakti Gotong royong Propinsi Lampung ke-15, para kepala SKPD,  Camat Blambangan Umpu, Sejumlah Kepala Kampung se-kecamatan Blambangan Umpu serta undangan lainnya.(Yudi)