Bulan Ramadhan 1438 H UKM BS UBL Gelar RVK 2017

0
618
views

TRANSLAMPUNG.COM, KEDATON– Dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah, Unit Kegiatan Mahasiswa Budaya dan Seni, Universitas Bandarlampung (UKM BS UBL) siap menggelar Ramadhan Voice Kece (RVK), 2017, Kamis (15/6) mendatang di Kampus A, Drs. H. RM. Barusman UBL.

Ketua Umum UKM BS UBL Muhammad Ridwan menegaskan RVK 2017 berisi tiga agenda acara, yakni lomba solo song, berbuka puasa bersama anak yatim piatu dan panti asuhan hingga penggalangan dana bagi pihak yang membutuhkan. M. Ridwan tegaskan kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan suci Ramadhan, dan masuk dalam program kerja (progja) kepengurusan UKM BS UBL.

“Tema tiap tahunnya berbeda, inisiatif untuk mengadakan tiga kegiatan sekaligus, baru diadakan ditahun ini. Tahun lalu, kita membagikan bingkisan kepanti-panti. Sekarang kita coba buat kegiatan terpusat dikampus,” terangnya di Gedung F, Kampus A UBL, Sabtu (10/6).

Secara teknis, lomba solo song diperuntukan kategori umum, dengan tiap peserta membawakan lagu bebas, bertemakan religius yang ada maupun ciptaan sendiri. “Peserta bisa mendaftar disekretariat UKM BS gedung C, kampus A UBL. Biaya pendaftaran hanya Rp. 150 ribu per orang. Lomba ini terasa meriah karena panitia menyediakan hadiah jutaan rupiah,”imbuhnya.

Perihal dewan juri, selain beranggotan dirinya, M. Ridwan membeberkan anggota juri lain terdiri perwakilan Divisi Musik UKM BS dan salah satu penyanyi showtime Lampung ternama.

“Penilaian meliputi dari skill menyanyi, penghayatan, keselaran nada dan lirik lagu, kejelasan artikulasi, teknik improvisasi bernyanyi, penampilan performa, keselaran kostum dengan lagu dibawakan hingga mampu membawa penonton aktif bernanyi,”jelasnya.

Disinggung upaya publikasinya, mahasiswa Ilkom Fisip UBL ini tegaskan pengurus UKM BS beserta panitia RVK tidak hanya menggunakan media dan jejaring sosial. Tapi juga menyebarkan pamflet, brosur dan undangan resmi kekampus, sekolah, sanggar seni, tempat hingga lingkup masyarakat.

“Seperti ditahun sebelumnya, kegiatan ini dibanjiri peserta. Insya Allah ditahun ini juga diramaikan peserta. Kita tahu jumlahnya, biasanya diregistasi terakhir, Rabu (14/6/2017) mendatang,”ujarnya.

RVK 2017 terasa istimewa karena akan dihadiri bintang tamu, Bupati Lampung Tengah Dr. Ir. H. Mustafa, S.H., M.H. Keikusertaan tokoh Lampung ini, karena sosoknya yang selalu mendukung kegiatan anak muda dikampus. Termasuk memiliki jiwa seni yang tinggi. Dalam RVK ini, Mustafa dipastikan bernyanyi yang rencananya diikuti proses penggalangan dana kemanusiaan.

“Pak Mustafa juga memberikan santunan sesuai konteks acara. Lewat acara ini pesan beliau jelas, selain menjalin silaturahmi. Diharapkan panitia, peserta dan penonton peka pada lingkungan. Terutama pada pihak-pihak yang membutuhkan uluran tangan (bantuan),”akunya.

Terpisah, Kepala Biro Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (BPKHA) UBL Dra. Yulfriwini, MT mendukung bakal terlaksananya RVK UKM BS UBL 2017. “ini kegiatan positif yang dapat menstimulus animo mahasiswa dan masyarakat, untuk turut serta bernyanyi, sambil menyumbang dan peduli kepada sesama,”tuturnya.

Selain itu, Pembina UKM BS UBL Reca Ayu Hapsari, SH, MH senada ikut mendukung rencana terealisasinya RVK UKM BS UBL 2017, yang diharapkannya tidak hanya menjadi kegiatan rutin UKM binaannya. Tapi sesuai berkah bulan Ramadhan, kepedulian sosialnya yang lebih diimplementasikan.

“Kita minta ke mereka (pengurus dan panitia) agar tidak muluk-muluk, agar dalam menjalankan kegiatan ini dilaksanakan sebaik-baiknya. Lewat ajang ini pula, mereka harus melakukan setiap hal yang positif. Agar gaungnya dapat mengangkat nama dan citra (baik) UBL dimasyarakat luas,”pungkasnya. (*)