Bukber IKB UBL 2017 Undang 1000 Anak Yatim Piatu

0
304
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG- Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah, Ikatan Keluarga Besar Universitas Bandar Lampung (IKB UBL) kembali menyelenggarakan kegiatan ‘Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama (Baksos dan Bukber) IKB UBL 2017, Rabu (14/6) di Convention Hall Mahligai Agung, Pascasarjana UBL, Kampus Dra. Hj. Sri Hayati Barusman UBL, mulai pukul 14.30 WIB-selesai.

Baksos dan Bukber IKB UBL 2017 kembali mengundang 1000 peserta, terdiri dari para anak yatim piatu dari 20 Panti Asuhan (PA). Termasuk didalamnya, 150 undangan dari dua majelis taqlim pengajian. Semua peserta se-Bandar Lampung ini dikumpulkan bersama keluarga besar UBL.

Peserta undangan baksos-bukber IKB UBL 2017, yakni PA. Umi May, PA. Yamama, PA. Kasih Ibu, PA. Al Muqaromah Assa, PA. Bussaina, PA. Afifah, PA. Kita Peduli, PA. Mardhotillah, PA. Tresna Asih, PA. Albanat, PA. Al Barokah, PA. Mahmudah, PA. Al Husna, PA. Putri Aisyah, PA. Edina Aisyah, PA. Nurul Islam, PA. Darul Arya, PA. Budi Nida Asih, PA. Kemala Puji, hingga PA. Miftahul Jannah. Termasuk, MT. Al Ikhlas, MT. Babussalam dan pegajian Ibu Kurniati.

Ketua Panitia Baksos dan Bukber IKB UBL 2017 UBL Dra. Yulfriwini, MT (14/6), menjelaskan kegiatan tersebut ini merupakan agenda rutin UBL setiap bulan Ramadhan. Terkait jumlah partisipan penerima baksos, maupun kepanitian internal UBL. “Tahun ini kami mengundang 1000 anak yatim piatu dari puluhan PA, ditambah dengan para pengurus panti serta keluarga besar UBL, terkumpul 1600 peserta. Alhamdulillah semuanya terselenggara dengan baik. Tentu dibarengi kinerja maksimal para panitia yang terdiri dari dosen, staff dan karyawan UBL sendiri,”ucapnya. Yulfriwini menggambarkan Baksos dan Bukber IKB UBL 2017 diisi dengan pembagian sedekah, sembako, souvenir, perlengkapan alat sekolah lengkap hingga tanda kasih bagi para anak yatim piatu dan majelis taqlim, serta ceramah agama oleh Ustadz Drs. H. Ahmad Yani dari Departemen Agama Kota Bandar Lampung, dengan tajuk “ibadah Ramadhan sebagai kebutuhan  jasmani maupun rohani”. Setelah itu dilakukan buka puasa bersama keluarga besar UBL.

“Ada juga penampilan (performa) dari anak-anak panti seperti menyanyi, mengaji, hingga menari marawis. Tapi, inti adanya acara ini semua bentuk kepedulian kita keluarga besar UBL untuk masyarakat, khususnya bagi anak yatim piatu,”imbuhnya.

Disinggung pentingnya kegiatan tersebut. Rektor UBL Dr. Ir. H. M. Yusuf S. Barusman, MBA beranggapan UBL sebagai organisasi perguruan tinggi memiliki azas kepedulian terhadap kehidupan masyarakat. Bukber dan baksos akbar ini menjadi acara rutin tahunan tiap bulan suci Ramadhan, yang dilakukan UBL sejak berdiri 1972 silam. “Konsepnya dari dulu sampai kini masih dijalankan dengan panti asuhan. Penggabungan baksos bukber baru dilakukan beberapa tahun lalu terakhir. Termasuk berkunjung (safari) ke panti asuhan (PA) bersama yayasan, fakultas dan prodi,”jelas Rektor UBL.

Tak hanya itu, kepedulian UBL terhadap para anak yatim dan kalangan kurang mampu terlihat dari bantuan santunan pendidikan sekolah, uang makan, baju, hingga bantuan penunjang lainnya mulai tingkat SD, SMP, SMA hingga pemberian beasiswa bagi anak yatim piatu yang berasal dari beberapa panti asuhan untuk melanjutkan kuliah di UBL.

Kegiatan Baksos dan Bukber IKB UBL 2017 ini dapat dimaknai wujud syukur atas keberlangsungan UBL yang masih berdiri dan mengabdi ditengah masyarakat dalam mengimplementasikan tri darma perguruan tinggi terutama di pengabdian masyarakat. “Dari kegiatan ini, UBL memetik manfaatnya karena dapat membentuk hubungan manusia berupa azas kebersamaan, dan kepedulian. Termasuk teraplikasikannya sensitivitas sosial sivitas akademika UBL dalam membantu sesama yang terlihat dari terlibatnya semua pihak (dosen, staf, karyawan, mahasiswa) dalam kegiatan ini dengan ikut mensukseskannya disertai dengan hati yang ikhlas,”imbuhnya.

Dalam kesempatan itu,Yusuf Barusman ingin menjadikan UBL kampus yang seluruh komponennya memiliki sensitivitas tinggi, terutama membantu masyarakat agar memiliki kehidupan lebih baik lagi.

“Lewat acara ini, UBL hadir tidak hanya hadir sebagai institusi pendidikan akan tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial terutama diarahkan kepada sosial enterpreunership. Untuk itu, perlu dikembangkan program kerja (progja) yang mementikkan kepedulian sosial ditiap diri keluarga besar UBL,”harapnya.

Terpisah, Ketua IKB UBL Hj. Desi Falena Yusuf Barusman, SE berharap kegiatan ini akan terus berlangsung secara maksimal, disertai koordinasi dan kerja organisasi yang rapi dan solid dari seluruh panitia. “Terus ada dan berkembangnya acara ini berangkat dari ide, kreatififas, saran, pemikiran serta masukan yang membangun termasuk, antusiasme tinggi seluruh sivitas akademika UBL yang peduli kepada sesama,”tukasnya. (*)